Van Dijk Cedera Parah, Wasit Everton vs Liverpool Michael Oliver: Pickford Harusnya Kartu Merah

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 11 Januari 2021 11:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 11 45 2342361 van-dijk-cedera-parah-wasit-everton-vs-liverpool-michael-oliver-pickford-harusnya-kartu-merah-4LFbtFOfX8.jpg Van Dijk kelar dihantam Pickford. (Foto: REUTERS/Laurence Griffiths)

LIVERPOOL – Wasit yang memimpin laga Everton vs Liverpool di pekan kelima Liga Inggris 2020-2021, Michael Oliver, mengungkapkan penyesalannya. Ia menilai seharusnya memberi kartu merah kepada kiper Everton, Jordan Pickford, atas pelanggaran keras yang dilakukan kepada bek Liverpool, Virgil van Dijk.

Saat itu pertandingan baru berjalan seumur jagung, Pickford menjegal lutut Van Dijk di kotak penalti Everton. Awalnya, Michael Oliver ingin memberi hukuman penalti jika Van Dijk tidak terjebak offside.

Jordan Pickford

(Pickford saat menjegal Van Dijk)

Hanya saja karena petugas Video Assistant Referee (VAR) saat itu, David Coote, mengatakan Van Dijk lebih dulu terjebak offside sebelum adanya pelanggaran, ia pun tidak memberikan hukuman apa pun kepada Pickford yang berstatus kiper Tim Nasional Inggris.

“Saya berkonsultasi kepada petugas VAR. Jika tidak offside, saya akan memberikan penalti,” kata Michael Oliver mengutip dari The Sun, Senin (11/1/2021).

“Saya telah menyaksikan tayangan tersebut berulang-ulang kali. Saya tidak berpikir Pickford melakukan hal lain selain melindungi dirinya. Namun, ia melakukannya dengan cara yang salah,” lanjut Michael Oliver.

BACA JUGA: Ogah Diolok Lagi, Ferdinand Hati-Hati Jagokan Man United Juara

“Kami seharusnya memulai kembali pertandingan dengan offside. Namun, dengan hukuman yang berbeda (kartu merah) untuk Jordan Pickford,” ujar wasit berlisensi FIFA tersebut.

Setelah jegalan Pickford, Van Dijk mengalami cedera lutut parah. Ia diperkirakan baru pulih 7-8 bulan, terhitung sejak kejadian yang berlangsung pada Sabtu 17 Oktober 2020.

Virgil van Dijk

Akibat cedera panjang Van Dijk dan hilangnya sejumlah bek tengah Liverpool seperti Joe Gomez dan Joel Matip karena alasan yang sama, The Reds sulit mengulangi dominasi mereka di Liga Inggris layaknya musim lalu.

Benar, Liverpool masih memuncaki klasemen sementara Liga Inggris 2020-2021 dengan koleksi 33 angka. Hanya saja, catatan itu sama persis dengan Manchester United di posisi dua, tim yang memiliki jumlah pertandingan lebih sedikit ketimbang mereka.

Karena itu, jika menang atau imbang saat bersua Burnley di laga ke-17 mereka pada Rabu 13 Januari 2021 dini hari WIB, The Red Devils akan menggeser Liverpool dari puncak klasemen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini