Liga 1 Tak Kunjung Bergulir, Pelatih Persib: Kami Korban Kebijakan Sepakbola Indonesia

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 06 Januari 2021 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 06 49 2339859 liga-1-tak-kunjung-bergulir-pelatih-persib-kami-korban-kebijakan-sepakbola-indonesia-v9OgLRhrAP.jpg Pelatih Persib, Robert Rene Alberts. (Foto: Twitter/@persib)

BANDUNG – Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, kecewa kompetisi sepakbola Indonesia (Liga 1 dan divisi yang lebih rendah) tak kunjung bergulir. Saking kesalnya kompetisi tak kunjung bergulir, Robert Rene Alberts terang-terangan menyebut dirinya sebagai korban kebijakan sepakbola Indonesia.

Liga 1 2020 sejatinya sudah bergulir pada 29 Februari 2020. Antusiasme pencinta sepakbola Tanah Air akan bergulirnya kompetisi sangat tinggi.

Persib Bandung

(Laga Arema vs Persib di pekan kedua Liga 1 2020. Foto: Persib.co.id)

Saat itu, stadion-stadion ramai dipenuhi penonton demi memberikan dukungan kepada tim kesayangan masing-masing. Hanya saja, ketika kompetisi baru berjalan tiga pekan, kejuaraan harus ditangguhkan imbas pandemi virus corona (Covid-19).

PSSI dan PT. LIB pun sepakat menghentikan kompetisi hingga 1 Oktober 2020. Tahu kompetisi kembali bergulir pada 1 Oktober 2020, sejumlah tim kembali berlatih bersama pada Juli 2020.

Namun, beberapa hari sebelum 1 Oktober 2020, Menpora Zainudin Amali yang didampingi Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengumumkan tak bisa menyelenggarakan kompetisi pada tanggal di atas. Sebab, laga lanjutan Liga 1 2020 tidak mendapatkan izin dari Kepolisian Republik Indonesia, imbas jumlah kasus positif Covid-19 belum mengalami penurunan.

Kemudian pada 3 November 2020, PSSI mengumumkan Liga 1 2020 berubah tajuk menjadi Liga 1 2020-2021. Kompetisi dijadwalkan kembali bergulir pada 5 Februari 2021. Hanya saja, hingga kini belum ada tanda-tanda kompetisi bergulir pada tanggal di atas.

BACA JUGA: Persib Bandung Larang Pemainnya Ikut Tarkam

"Tidak ada (informasi), satu-satunya informasi yang saya ketahui adalah akan ada pertemuan antara Exco PSSI di pertengahan bulan ini," kata Robert Rene Alberts mengutip dari laman resmi Persib, Rabu (6/1/2021).

"Kamilah korban dari kebijakan sepakbola di Indonesia yang mana ini sangat kita sayangkan," lanjut pelatih yang membawa Arema FC juara Liga Indonesia 2009-2010 tersebut.

Robert Rene

(Pelatih Persib, Robert Rene Alberts. (Foto: Persib.co.id)

Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengatakan bakal mengadakan rapat komite eksekutif (Exco) pertengahan bulan ini. Hal yang dibahas adalah soal kelanjutan kompetisi.

"Terkait kompetisi dalam hal ini Liga 1 dan 2 yang belum jalan, rapat Komite Eksekutif (Exco) terakhir memutuskan liga rencana akan diputar oleh PT LIB di bulan Februari 2021. Situasi terkini Covid-19 akan menjadi faktor penentu apakah liga bisa dijalankan atau tidak. Cabang olahraga lain pun demikian. Untuk menyelenggarakan kejurnas juga sulit,”kata Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi, mengutip dari laman resmi PSSI.

"Untuk itu, PSSI menjadwalkan untuk menggelar rapat Komite Eksekutif (Exco) di pertengahan Januari 2021 untuk memutuskan kelanjutan Liga 1 dan 2 atau memberhentikan liga musim kompetisi 2020 berdasarkan situasi terkini," tambah Yunus.

"Namun, semua kembali ke kepolisian karena izin pada mereka. Jika kepolisian tidak mengeluarkan izin, kita tidak bisa apa-apa. Kita wajib tunduk dan patuh pada aturan,” tutup Yunus Nusi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini