Tanpa Lionel Messi, Barcelona Tidak Berdaya di Liga Spanyol

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 30 Desember 2020 14:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 30 46 2336329 tanpa-lionel-messi-barcelona-tidak-berdaya-di-liga-spanyol-Ojk2FgcNW9.jpg Lionel Messi (Foto: Reuters)

BARCELONA Barcelona diimbangi Eibar 1-1 dalam laga lanjutan Liga Spanyol 2020-2021. Hasil kurang bagus itu diraih Blaugrana –julukan Barcelona– ketika sang kapten, Lionel Messi, tidak bermain karena menderita cedera pada pergelangan kaki kanannya.

Menurut Opta Jose, persentase peluang kemenangan Barcelona di Liga Spanyol menurun saat Messi tidak bermain. Persentase kemenangan Barcelona tanpa Messi adalah 55,9 persen (66 kali menang, 39 kali imbang, dan 22 kali kalah).

Lionel Messi (Foto: Reuters)

Sementara itu, ketika La Pulga –julukan Messi– main, Barcelona memiliki persentase kemenangan menyentuh 73,7 persen (368 kali menang, 83 kali imbang, dan 48 kali kalah). Fakta itu membuktikan, bahwa Barcelona masih bergantung pada kemampuan Messi.

Tanpa tahu fakta itu, pertandingan lawan Eibar di Camp Nou, Rabu (30/12/2020), dini hari WIB, telah menunjukkan ketergantungan Barcelona kepada pemain berumur 33 tahun tersebut. Pertandingan itu seharusnya berakhir dengan kemenangan Barcelona, bukan hasil imbang.

BACA JUGA:  Cristiano Ronaldo dan Gerard Pique: Dari Teman hingga Jadi Lawan

Namun, sepakbola adalah olahraga yang memungkinkan semua hal terjadi. Barcelona ternyata kesulitan melawan Eibar meski mendominasi penguasaan bola.

Barcelona mencatatkan penguasaan bola hingga 74 persen, tetapi hanya mampu membuat lima tembakan tepat sasaran. Blaugrana –julukan Barcelona– cuma unggul dua dari tembakan tepat sasaran yang dibuat Eibar.

Tim tamu bahkan mampu unggul lebih dulu pada menit le-57 berkat aksi Enrique Garcia Martinez. Barcelona baru mampu membalas selang 10 menit setelah gol Enrique melalui aksi Ousmane Dembele.

Hingga pertandingan berakhir, skor 1-1 tidak berubah sehingga kedua tim harus puas berbagi poin. Barcelona pun kembali melewatkan kesempatan emas untuk meraih poin penuh.

Barcelona vs Eibar (Foto: Reuters)

Hasil imbang membuat Barcelona tertahan di posisi keenam klasemen sementara dengan koleksi 25 poin. Blaugrana tertinggal tujuh poin dari pimpinan klasemen sementara, Atletico Madrid, yang punya dua tabungan pertandingan.

Peluang Barcelona untuk mengejar Atletico tidak terlalu besar. Meski begitu, semua hal bisa terjadi dalam sepakbola sehingga tugas Barcelona sekarang adalah berusaha memenangkan setiap pertandingan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini