Hadapi PSG di Babak 16 Besar, Barcelona Punya Rekor Fantastis

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Senin 14 Desember 2020 19:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 261 2327601 hadapi-psg-di-babak-16-besar-barcelona-punya-rekor-fantastis-grPTYuAkUJ.JPG Para pemain Barcelona (Foto: Reuters)

NYON – Hasil undian babak 16 besar Liga Champions 2020-2021 membuahkan pertandingan besar karena Barcelona bertemu dengan Paris Saint-Germain (PSG). Jelang pertandingan tersebut, Barca memiliki rekor fantastis yang patut diwaspadai Les Parisiens.

Sebagaimana diketahui, Barca merupakan salah satu klub terbesar di dunia dan memiliki histori yang panjang, termasuk di Liga Champions. Sejak musim 2004-2005, Blaugrana tercatat selalu berhasil menembus babak 16 besar Liga Champions.

Luar biasanya, dari 16 kali tampil di babak tersebut, Barca berhasil melaju ke perempatfinal sebanyak 14 kali. Mereka hanya gugur dua kali di babak 16 besar dalam kurun waktu tersebut, yakni di musim 2004-2005 dan 2006-2007.

Baca juga: Engkelnya Diduga Patah, Neymar Tinggalkan Lapangan Sambil Menangis

Barcelona

Sementara itu, PSG baru konsisten tampil di babak 16 besar Liga Champions selama delapan musim terakhir. Dari total tersebut, mereka mampu lolos ke perempatfinal sebanyak lima kali.

Jika bicara soal rekor pertemuan antara Barca vs PSG, kubu Blaugrana lebih unggul. Dari 10 kali bertanding, Barca berhasil meraih kemenangan sebanyak empat kali. Sedangkan PSG hanya tiga.

Pertemuan terakhir mereka terjadi di babak 16 besar Liga Champions 2016-2017. Kala itu, PSG yang menjadi tuan rumah di leg pertama sejatinya tampil perkasa. Tidak tanggung-tanggung, mereka melibas Barca dengan skor telak 4-0.

Kendati demikian, pada leg kedua di Camp Nou, Barca mampu comeback. Neymar Jr tampil gemilang di laga tersebut dengan membukukan dua gol dan dua assist. Hasilnya, Barca pun memang 6-1 dan melaju ke perematfinal.

Jika mengambil jarak yang lebih jauh lagi, Barca dan PSG bersua di babak perempatfinal Liga Champions 2014-2015. Pada leg pertama di Parc des Princes, Barca menang 3-1 lewat brace Luis Suarez dan satu gol Neymar.

Neymar Jr

Sedangkan pada leg kedua, Blaugrana menang 2-0 di kandang sendiri. Seluruh gol Barca di pertandingan tersebut diborong oleh Neymar. Menariknya, saat ini Neymar justru membela PSG. Ini tentu menjadi ujian tersendiri bagi Barca karena kondisi mereka sekarang sudah berbeda dengan tahun-tahun tersebut.

Blaugrana tak bisa lagi mengandalkan Neymar maupun Suarez untuk menjebol gawang PSG karena keduanya sudah meninggalkan mereka. Bukan tak mungkin rekor 13 musim beruntun Barca yang selalu berhasil menembus perempatfinal kini akan terhenti.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini