2 Penggawa Persija Jakarta Antusias Ikuti Kursus Kepelatihan C AFC

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 10 Desember 2020 20:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 10 49 2325426 2-penggawa-persija-jakarta-antusias-ikuti-kursus-kepelatihan-c-afc-or5JyhXobv.jpeg Ramdani Lestaluhu dan Sandi Sute antusias ikut kursus pelatihan (Foto: Persija Jakarta)

JAKARTA – Vakumnya kompetisi Liga 1 2020 membuat pesepakbola Tanah Air mesti pintar-pintar menyiasati banyaknya waktu lowong. Dua pemain Persija Jakarta, Sandi Darman Sute dan Ramdani Lestaluhu, memanfaatkan waktu luang itu untuk mengikuti kursus kepelatihan yang diselenggarakan PSSI.

Pihak federasi menggelar kursus kepelatihan untuk mendapatkan lisensi C AFC itu di lapangan Persija Academy, Pulomas, Jakarta Timur, pada 10-22 Desember 2020. Sandi Sute dan Ramdani Lestaluhu menyusul dua rekannya, Otavio Dutra serta Tony Sucipto, yang lebih dulu memperoleh lisensi.

Bagi Ramdani Lestaluhu, kursus kepelatihan itu dapat menambah wawasan bagaimana bermain sepakbola yang lebih baik. Belum lagi, ada beberapa ilmu baru yang tidak didapatkan ketika pemain bernomor punggung 7 itu di atas lapangan hijau.

Baca juga: 22 Pesepakbola Lokal Ikuti Kursus Kepelatihan C PSSI di Bali

Ramdani Lestaluhu tekun mengikuti pelatihan (Foto: Twitter/@Persija_Jkt)

“Alasan utama saya mengambil lisensi C AFC ini karena ingin belajar dan menambah lagi ilmu pengetahuan soal sepakbola. Banyak hal-hal prinsip sepakbola yang diajarkan seperti bagaimana bermain sepakbola yang benar, lalu posisi bermain, dan apa yang harus dilakukan nanti di lapangan,” terang Ramdani Lestaluhu, disitat dari laman resmi Persija Jakarta, Kamis (10/12/2020).

“Dengan ini, Alhamdulillah wawasan saya terbuka terutama mengenai prinsip bermain sepakbola yang baik itu seperti apa. Terutama banyak hal yang baru juga saya dapatkan di sini yang saya tidak dapatkan ketika bermain,” imbuh pria asal Tulehu, Maluku, itu.

Sementara itu, bagi Sandi Darman Sute, kursus tersebut dinilai dapat menjadi bekal yang baik untuk melanjutkan karier sebagai pelatih usai pensiun. Lantaran alasan tersebut, pemain asal Palu, Sulawesi Tengah, itu berharap dapat mengikuti kursus dengan baik.

“Senang mengikuti acara ini. Semoga lancar apalagi keluarga terutama istri juga mendukung. Sekali lagi ini murni keinginan dari hati saya juga untuk bisa belajar,” papar Sandi Sute.

“Apalagi mungkin setelah ikut ini, ilmu di sini bisa saya tularkan kepada pemain-pemain yang ada di daerah saya. Di sana banyak pemain bagus, namun tidak banyak ada pelatih. Mungkin setelah ini saya bisa berikan ilmu dengan melatih mereka agar bisa menjadi pemain berkualitas,” tutupnya.

Sandi Sute mengikuti kursus (Foto: Twitter/@Persija_Jkt)

PSSI memang sedang rutin menggelar kursus kepelatihan untuk mendapatkan lisensi C AFC. Sebelum kursus di Jakarta, PSSI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar pelatihan serupa di Bali pada November 2020.

Sebanyak 22 orang pesepakbola lokal (aktif mau pun pensiun) mengikuti kursus tersebut. PSSI dan Kemenpora berharap, melalui kursus-kursus tersebut akan menghasilkan bibit-bibit pelatih berkualitas di Tanah Air.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini