Ajax vs Atalanta, Laga Mencari Pendamping Liverpool

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 09 Desember 2020 22:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 09 261 2324800 ajax-vs-atalanta-laga-mencari-pendamping-liverpool-W8EI2Da7hA.jpg Atalanta dan Ajax Amsterdam akan saling sikut (Foto: Atalanta)

AMSTERDAM – Partai hidup mati bakal tersaji di Stadion Johan Cruyff Arena saat Ajax Amsterdam menantang Atalanta pada Kamis 10 Desember 2020 dini hari WIB. Pemenang dari laga itu akan menjadi pendamping Liverpool dengan status runner-up Grup C Liga Champions 2020-2021.

Satu tiket dari Grup C sudah pasti digenggam Liverpool setelah menaklukkan Ajax Amsterdam dengan skor 1-0 pekan lalu. Di saat bersamaan, Atalanta hanya mampu bermain imbang 1-1 saat menjamu Midtjylland di Bergamo.

Karena itu, satu tiket kini menjadi rebutan antara Ajax Amsterdam dengan Atalanta. La Dea sedikit lebih baik karena hanya perlu meraih hasil imbang. Saat ini, anak asuh Gian Piero Gasperini sudah mengemas delapan angka.

Baca juga: Lolos Fase Grup, Immobile Harap Lazio Tak Jumpa Liverpool

Atalanta memetik kemenangan krusial di kandang Liverpool (Foto: Reuters/Paul Ellis)

Namun, sang pelatih sudah menabuh genderang perang. Gian Piero Gasperini terang-terangan mengaku tidak mau bermain bertahan demi mengamankan hasil imbang di Amsterdam. Menurutnya, Papu Gomez dan kawan-kawan harus tetap mengambil inisiatif serangan.

“Kami lebih baik saat mengambil inisiatif dan menyerang ketimbang bertahan untuk mencari sebuah hasil. Hal yang sama juga berlaku untuk Ajax. Kami harus mencoba memanfaatkan sedikit keunggulan ini,” urai Gian Piero Gasperini, melansir dari Football Italia, Rabu (9/12/2020).

“Jika kami hanya menunggu dan berusaha meresap semua inisiatif lawan, maka kami akan sulit melaju ke babak berikutnya. Kami tidak boleh hanya bertahan, harus maju ke depan, dan mencetak gol,” tegas pria berkebangsaan Italia itu.

Pendapat senada diungkapkan Pelatih Ajax Amsterdam Erik ten Hag. Pria berkebangsaan Belanda itu mengingatkan bahwa Liga Champions adalah habitat asli klub berjuluk De Godenzonen tersebut. Ia berharap Daley Blind dan kawan-kawan menganggap laga tersebut bagaikan final.

“Saya menaruh tekanan kepada diri sendiri untuk menang melawan Atalanta. Liga Champions adalah habitat kami. Kami harus mengerahkan segalanya untuk meraih tujuan,” papar Erik ten Hag, mengutip dari laman resmi Ajax Amsterdam.

Ajax tumbang di kandang Liverpool (Foto: Reuters)

“Jika kami bisa bermain kompetitif di kandang Liverpool, Anda pada dasarnya bisa menang lawan siapa pun. Dengan kepercayaan diri itu, kami akan memasuki laga kelak,” imbuh pria berusia 50 tahun tersebut.

Pada pertemuan pertama, Ajax Amsterdam sebetulnya nyaris meraih angka penuh di Bergamo. Mereka sudah unggul 2-0 pada 45 menit awal. Akan tetapi, Gli Orobici mampu bangkit pada babak kedua dan memaksakan hasil imbang 2-2.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini