Resmi, Markas Napoli Berganti Nama Jadi Stadio Diego Armando Maradona

Bagas Abdiel, Jurnalis · Sabtu 05 Desember 2020 00:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 05 47 2322002 resmi-markas-napoli-berganti-nama-jadi-stadio-diego-armando-maradona-jRzadcDw2l.jpg Stadio San Paolo berubah nama menjadi Stadio Diego Armando Maradona (Foto: Reuters)

NAPOLI – Dewan Kota Napoli dengan suara bulat menyetujui usulan untuk mengubah nama Stadio San Paolo. Mereka pun secara resmi mengumumkan bahwa San Paolo berubah nama menjadi Diego Armando Maradona.

Sebuah pernyataan pemerintah kota mengatakan bahwa usulan tentang perubahan nama stadion telah disetujui pada Jumat 4 Desember 2020 malam WIB. Perubahan nama tersebut dilakukan sebagai bentuk penghormatan mereka kepada mendiang Maradona yang telah menjadi legenda sepakbola Napoli.

Napoli

“Dengan resolusi yang disetujui hari ini, stadion itu dinamai Diego Armando Maradona,” bunyi pernyataan dari pemerintah Kota Napoli, melansir dari Football Italia, Sabtu (5/12/2020).

Sebelumnya resolusi itu diajukan oleh walikota Napoli, Luigi De Magistris hanya beberapa jam setelah berita bahwa Maradona meninggal dunia pada pekan lalu. Hal itu kemudian mendapat sambutan positif dari masyarakat Napoli.

Baca juga 10 Desember 2020 Jadi Tanggal Peresmian Stadion Diego Armando Maradona

“Resolusi itu diusulkan oleh Walikota Luigi de Magistris, oleh Anggota Dewan Topinymy Alesanndre Clemente dan ditandatangani oleh seluruh Dewan Kota, yang bertemu di Palazzo San Giacomo,” lanjutnya.

Selama ini, Maradona adalah sosok yang dihormati di Napoli setelah memimpin klub itu meraih dua gelar Liga Italia. Bahkna bukan hanya sekali saja, tetapi selama tujuh tahun bersama Napoli dari 1984 hingga 1991.

“Dengan bakat klub luar biasa dan keajaibannya, ia menghormati jersey Napoli selama tujuh tahun, memberikannya dua kejuaraan bersejarah dan piala bergengsi lainnya, dan menerima sebagai imbalan dari seluruh kota cinta abadi dan tanpa syarat,” tulis pernyataan dewan, dilansir dari Goal.

“Melalui kemenangan sepakbola juara Argentina, bukan hanya tim Napoli yang menang, tetapi seluruh kota, yang sepenuhnya mengidentifikasi dirinya,” lanjut pernyataan tersebut.

Napoli

“Selalu berada di pihak yang paling lemah dan rakyat jelata, Maradon melawan prasangka dan diskriminasi yang masih dialami oleh orang-orang Napoli di dalam stadion, menjadi idola seluruh kota,” imbuhnya.

Napoli memiliki kesempatan untuk memberikan penghormatan kepada Maradona pada pekan lalu saat bertanding melawan Rijeka di kandang. Kala itu, Kapten Napoli yakni Lorenzo Insigne meletakkan karangan bunga sebelum kick-off dan skuad Napoli berbaris dengan seragam Maradona nomor 10.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini