Main di Kasta Kedua Liga Belanda, Bagus Kahfi Ikuti Jejak 4 Pemain Timnas Indonesia

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2020 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 51 2321001 main-di-kasta-kedua-liga-belanda-bagus-kahfi-ikuti-jejak-4-pemain-timnas-indonesia-a382ps12CE.jpg Bagus Kahfi, mesin gol Timnas Indonesia U-19. (Foto: PSSI)

AMIRUDDIN Bagus Kahfi akhirnya mendapat restu dari sang klub, Barito Putera, untuk melanjutkan karier di Belanda. Nantinya, penyerang 18 tahun itu akan mentas bersama Jong FC Utrecht yang kini mentas di kasta kedua Liga Belanda (Eerste Divisie).

Untuk pemain lokal, ini merupakan yang pertama pesepakbola asli Tanah Air merumput di kasta kedua Liga Belanda. Namun, jika menghitung pemain naturalisasi, setidaknya sudah ada empat pemain Timnas Indonesia yang pernah tampil di kasta kedua Liga Belanda tersebut.

Marc Klok

(Marc Klok sempat membela Jong FC Utrecht pada 2012-2013)

Mereka adalah Diego Michiels, Marc Klok, Stefano Lilipaly dan Ezra Walian. Sebelum dinaturalisasi oleh Indonesia pada 2011, Diego Michiels sempat dua tahun (2009-2011) membela Go Ahead Eagles. Selama dua tahun itu, Diego yang kini bermain untuk Borneo FC turun dalam 18 pertandingan.

Kemudian ada Marc Klok yang membela Jong FC Utrecht di musim 2012-2013. Kala itu, Klok yang baru saja mendapat paspor Indonesia ini turun dalam 18 pertandingan dengan koleksi dua gol.

Selanjutnya ada Ezra Walian. Ezra yang pernah membela Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2017 ini sempat mengoleksi tiga gol dalam 22 penampilan bersama Jong Ajax Amsterdam.

BACA JUGA: Pernah Bobol Gawang Inter dan Juventus, Modal Bagus Kahfi Bersinar di Jong FC Utrecht

Bahkan gelandang Manchester United yang dulu merupakan rekan setim Ezra Walian, Donny van de Beek, menyebut Ezra sebagai penyerang memastikan. Kemudian, Stefano Lilipaly jadi yang paling berpengalaman.

Sejumlah klub kasta kedua dijajal gelandang Bali United tersebut. Sebut saja SC Telstar, SC Cambuur, Almere City dan De Jong FC Utrecht. Jika bicara performa terbaik, Lilipaly menampilkannya bersama SC Telstar dan SC Cambuur.

Stefano Lilipaly

(Lilipaly bersinar bersama SC Cambuur dan SC Telstar)

Lilipaly mengemas 11 gol dari 47 penampilan bersama SC Telstar. Sementara bareng SC Cambuur, Lilipaly mengemas delapan gol hanya dari 21 pertandingan.

Karena itu, menarik menanti kiprah Bagus Kahfi bersama Jong FC Utrecht. Agenda utama Bagus Kahfi enam bulan awal adalah memulihkan cedera engkel. Baru di awal musim 2021-2022, Bagus Kahfi efektif membela Jong FC Utrecht.

Bukan tak mungkin jika tampil apik bersama Jong FC Utrecht, Bagus Kahfi akan naik pangkat ke tim senior. Menarik menanti kiprah Bagus Kahfi bersama Jong FC Utrecht.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini