5 Gelandang Hebat yang Dipandang Sebelah Mata

Ezha Herdanu, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2020 12:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 51 2320836 5-gelandang-hebat-yang-dipandang-sebelah-mata-oqKy18JSkA.JPG Georginio Wijnaldum (Foto: Neil Hall/REUTERS)

SEPAKBOLA memang olahraga yang sangat berorientasi pada serangan. Maka dari itu, tidak heran jika sejumlah pemain berposisi penyerang seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Robert Lewandowski, hingga Luis Suarez memiliki popularitas yang lebih tinggi.

Meski begitu bukan berarti pemain-pemain berposisi lain tidak memiliki peran vital dalam sebuah permainan sepakbola, terutama gelandang. Ya, posisi gelandang sejatinya sangat penting dalam sejumlah gaya bermain yang dianut dalam sepakbola.

Baca Juga: 5 Pesepakbola dengan Gol Terbanyak Sepanjang Masa, Tak Ada Nama Messi

Akan tetapi dari sejumlah pemain berposisi gelandang, banyak di antara mereka yang justru dipandang sebelah mata. Setidaknya ada lima pemain gelandang yang kurang begitu mendapatkan apresiasi dari pecinta sepakbola dunia.

Berikut lima pemain gelandang hebat yang justru dipandang sebelah mata:

5. Christopher Nkunku (RB Leipzig/Prancis)

Christopher Nkunku

Nama Nkunku sebagai pemain RB Leipzig memang tidak begitu mencolok ketimbang Emil Forsberg atau Dayot Upamecano. Akan tetapi, Nkunku sejatinya memiliki peran yang sangat vital dalam permainan Die Roten Bullen –julukan RB Leipzig– sejak didatangkan pada musim panas 2019.

Ya, pada musim perdananya bersaragam RB Leipzig, Nkunku mampu menyumbangkan 15 assist. Ia pun menjadi penyumbang assist terbanyak ketiga di Liga Jerman 2019-2020. Sementara di musim ini, Nkunku tetap tampil menjanjikan dengan sumbangan dua gol serta tiga assist dari 14 laga.

4. Nicolo Barella (Inter Milan/Italia)

Nicolo Barella

Apabila kita mendengar Inter, maka nama-nama seperti Romelu Lukaku, Lautaro Martinez, hingga Alexis Sanchez yang pertama kali muncul. Namun ada satu pemain yang sejatinya memiliki peran tak kalah penting, yakni Barella.

Ya, semenjak direkrut Inter dari Cagliari pada musim panas 2019, Barella memang menjadi pilihan utama untuk mengawal lini tengah I Nerazzurri –julukan Inter. Bahkan di musim debutnya, Barella berhasil mengantarkan Inter mencapai final Liga Eropa 2019-2020, walau akhirnya kalah dari Sevilla.

3. Fabian Ruiz (Napoli/Spanyol)

Fabian Ruiz

Belakangan ini popularitas Ruiz sebagai salah satu gelandang terbaik di Liga Italia memang mulai dikenal. Meski sebelumnya banyak mempertanyakan keputusan manajemen Napoli merekrut Ruiz dari Real Betis di bursa transfer musim panas 2018.

Akan tetapi sejak debut hingga saat ini, Ruiz berhasil menunjukkan performa luar biasa sebagai jenderal lini tengah Partenopei –julukan Napoli. Pada musim 2019-2020, ia mampu menyumbangkan empat gol serta enam assist dari 46 laga. Hal itu pun sempat membuat nama Fabian kabarnya tengah dibidik raksasa Liga Spanyol, yakni Real Madrid.

Baca Juga: 5 Alasan Andrea Pirlo Tak Layak Tangani Juventus

2. Georginio Wijnaldum (Liverpool/Belanda)

Georginio Wijnaldum

Pemain dengan status underrated terbaik memang tak pernah lepas dari diri Wijnaldum. Sejak membela Newcastle United hingga kini berseragam Liverpool, kualitas Wijnaldum memang acap kali dipandang sebelah mata.

Padahal jika melihat dari kesuksesan-kesuksesan yang ditorehkan Liverpool dalam dua musim terakhir, Wijnaldum sejatinya mempunyai peran vital. Ya, Wijnaldum sukses menggemban tanggung jawab sebagai seorang playmaker serta gelandang jangkar sekaligus di lini Liverpool.

1. Pierre-Emile Hojbjerg (Tottenham Hotspur/Denmark)

Pierre-Emile Hojbjerg

Sangat aneh rasanya klub-klub papan atas Liga Inggris tak ada yang mencium bakat gelandang berkualitas seperti Hojbjerg. Pasalnya sejak masih membela Southampton, Hojbjerg sudah menunjukkan performa luar biasa sebagai seorang gelandang.

Performa Hojbjerg sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia pun semakin terlihat kala direkrut Tottenham pada musim panas kemarin. Ya, pemain asal Denmark itu sejauh selalu menjadi pilihan utama Jose Mourinho untuk mengawal lini tengah The Lilywhites –julukan Tottenham.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini