Tembus 750 Gol, Cristiano Ronaldo Ingat Kawan dan Lawan

Muhammad Mirza, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2020 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 261 2321052 tembus-750-gol-cristiano-ronaldo-ingat-kawan-dan-lawan-IjvLlzjxdI.JPG Cristiano Ronaldo merangkul rekan setim (Foto: Reuters/Massimo Pinca)

TURIN - Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo, mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada rekan setim, pelatih, dan lawan yang pernah dihadapi. Ucapan terima kasih itu dilontarkan setelah dirinya menorehkan 750 gol sepanjang karier profesionalnya bagi klub dan negara. 

Ronaldo membukukan rekor itu setelah membantu Juventus mengalahkan Dynamo Kiev 3-0 pada laga kelima penyisihan Grup G Liga Champions 2020-2021. Tepatnya setelah meneruskan umpan Alvaro Morata pada menit ke-57 yang menjadi gol kedua Si Nyonya Tua di Allianz Stadium.

Itu menjadi gol ke-75 Ronaldo bagi Juventus setelah melakoni total 97 pertandingan sejak bergabung dari Real Madrid pada 2018. Dan, selama membela Los Blancos, bintang berusia 35 tahun itu mengemas 450 gol dari 438 laga.

Baca juga: Juventus Tidak Bergantung pada Cristiano Ronaldo 

Cristiano Ronaldo beraksi di laga kontra Dynamo Kyiv (Foto: Reuters)

Sedangkan selama enam musim menemani Manchester United (MU), kapten Timnas Portugal itu mendulang 118 gol dari 118 penampilan. Lalu, bersama Sporting CP, Ronaldo mencetak lima gol dari 31 partai. Dengan demikian, dia telah mengemas 648 gol di level klub.

Bila ditambah 102 gol ketika membela Portugal dari 170 caps, peraih lima Ballon d’Or itu sudah mendulang total 750 gol. Tapi, sekiranya digabung lagi dengan level U-23, U-21, U-20, U-17 dan U-15, Ronaldo telah mengeruk 768 gol.

Infografis jumlah gol Cristiano Ronaldo

Itu menambah lagi catatan manis Ronaldo sepanjang kariernya di lapangan hijau. Sebelumnya dia menjadi pemain kedua yang mencetak 100 gol bagi timnas setelah Ali Daei (Iran). Dia juga tercatat sebagai top skor sepanjang masa Madrid dengan 127 gol lebih banyak dari Raul.

Menanggapi pencapaian ini, Ronaldo menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang ikut membantu. Itu bukan hanya ditujukan kepada rekan setimnya disetiap klub yang dibelanya, juga kepada pelatih.

Ronaldo berterima kasih kepada sejumlah pelatih seperti Luiz Felipe Scolari (Portugal), Paulo Bento (Portugal) dan Fernando Santos (Portugal). Juga Alex Ferguson (MU), Jose Mourinho (Madrid), Carlo Ancelotti (Madrid), Zinedine Zidane (Madrid), Maurizio Sarri (Juventus) dan Andrea Pirlo (Juventus).

Cristiano Ronaldo berbincang dengan Andrea Pirlo

Uniknya lagi, Ronaldo juga mengucapkan terima kasih kepada semua lawan yang gawangnya rela dijebol. “750 gol, 750 momen bahagia, 750 senyum diwajah pendukung kami,” tulisnya, di akun twitter.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pemain (rekan setim) dan pelatih yang telah membantu saya mencapai jumlah yang luar biasa itu. Terima kasih juga kepada semua lawan setia yang membuat pekerjaan saya lebih berat dan semakin berat setiap harinya,” pungkasnya.

Itu dipastikan bukan akhir dari kisahnya. Ronaldo masih punya banyak kesempatan untuk menambah koleksinya. Dia selanjutnya mengincar gol ke-751 saat Juventus meladeni Torino pada lanjutan Serie A akhir pekan nanti.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini