Dituding oleh Pelatih Porto Intimidasi Wasit, Begini Jawaban Guardiola

Muhammad Mirza, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2020 17:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 261 2319683 dituding-oleh-pelatih-porto-intimidasi-wasit-begini-jawaban-guardiola-k5q3mOm47M.jpg Josep Guardiola (Foto: UEFA)

PORTO – Pelatih FC Porto, Sergio Conceicao, menuding Manajer Manchester City, Josep Guardiola, telah melakukan intimidasi terhadap wasit saat The Citizens menang 3-1 pada laga pertama penyisihan Grup C Liga Champions. Tak terima dengan tudingan tersebut, Guardiola pun melancarka balasan.

Porto pernah bertandang ke Etihad Stadium pada 22 Oktober lalu. Wakil Portugal itu sempat unggul dulu lewat Luis Diaz di menit ke-14. Tapi, akhirnya harus tumbang setelah Sergio Aguero (20-pen), Ilkay Gundogan (65) dan Ferran Torres (73) membalik keadaan.

Baca juga: Ingin Hajar Madrid Lagi, Shakhtar Bakal Gunakan Strategi Berbeda

Man City vs Porto

Saat itu Conceicao menilai Guardiola telah berbuat licik karena menekan atau mengintimidasi wasit. Tidak dijelaskan secara detail di titik mana peristiwanya. Tapi, kuat dugaan ketika Man City mendapat hadiah penalti.

Karena itu, jelang pertemuan kedua kontra Porto di Estadio do Dragao yang merupakan laga kelima penyisihan Grup C, dini hari nanti, Guardiola membantah tuduhan Conceicao. Mantan pelatih Barcelona itu menegaskan tidak pernah menekan atau bersekongkol dengan wasit yang bertugas.

“Saya tidak pernah melakukan kesepakatan (dengan wasit). Dia bisa berkata itu, dan mungkin itu opininya. Tapi, saya menolak tuduhan jika kami memberikan tekanan kepada wasit,” jelas Guardiola, dilansir skysport.

“Kami tidak pernah melakukan itu dan sejarah membuktikannya. Kami bukan tipe tim yang akan melakukan hal kotor semacam itu. Jika benar pernah terjadi saya pasti akan mengakuinya,” lanjut pelatih asal Spanyol itu.

Guardiola menilai tuduhan Conceicao tidak beralasan. Terlebih sekarang telah digunakan perangkat elektronik untuk membantu tugas wasit, seperti VAR. Artinya, di jaman modern seperti saat ini hampir mustahil melakukan intimidasi kepada wasit.

Josep Guardiola

“Selama lima tahun kami berkumpul bersama, orang-orang di Jerman dan Spanyol tahu persis karakter kami. Saya menolak tuduhan itu. Karena itu tidak benar. Itu bukan bagian dari identitas kami,” pungkas Guardiola.

Guardiola menambahkan tuduhan Conceicao kepada dirinya tidak akan merusak konsentrasi para pemainnya. Meski sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar, dia menjamin Man City tetap berambisi meraih kemenangan untuk menjaga rekor sempurna selama penyisihan Grup C.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini