Gara-Gara Beri Penghormatan ke Maradona, Messi Kena Denda Rp50,8 Juta

Yova Adhiansyah, Jurnalis · Senin 30 November 2020 22:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 46 2319130 gara-gara-beri-penghormatan-ke-maradona-messi-kena-denda-rp50-8-juta-nBjZ75QeWN.jpg Lionel Messi setelah melakukan selebrasi. (Foto: REUTERS/Albert Gea)

BARCELONA Lionel Messi melakukan penghormatan kepada mendiang Diego Maradona, tepatnya setelah mencetak gol di laga Barcelona vs Osasuna, Minggu 29 November 2020 malam WIB. Sayangnya, penghormatan yang dilakukan La Pulga –julukan Messi– kepada Diego Maradona justru berujung denda.

Pada pertandingan lanjutan La Liga 2020-2021, Messi mencetak satu gol di menit 73. Bintang timnas Argentina itu kemudian mengangkat bajunya untuk memperlihatkan replika kit merah dan hitam dari klub kampung halamannya Newell’s Old Boys bertuliskan nomor 10 yang pernah dikenakan Maradona selama pengabdian singkatnya di tim Rosario itu pada tahun 1993.

Lionel Messi

Persembahan Messi untuk menghormati Maradona bisa menyebabkan konflik komersial antara dua merek besar yakni Nike dan Adidas. Itu terjadi lantaran La Pulga menunjukkan jersey Adidas (Newell’s Old Boys), merek yang mengiklankannya, dan seharusnya dia tidak menampilkannya mengingat jersey Barcelona bermerek Nike.

Nike diketahui merupakan sponsor Barcelona. Jadi untuk alasan ini, Messi bisa dikenai denda sebesar 3.000 euro atau sekira Rp50,8 juta. Penjelasan itu sebagaimana disampaikan La Nacion Guillermo Ricaldoni, Direktur We Are Sports, yang mengkhususkan diri dalam pemasaran olahraga.

"Dia (Messi) seharusnya tidak melakukannya. Setidaknya, dia seharusnya menutupi merek," kata Ricaldoni dikutip dari AS Sport, Senin (30/11/2020).

BACA JUGA: Sempat Gagalkan Messi ke Inter, Laporta Siap Pertahankan La Pulga Sekali Lagi

Ricaldoni juga tak menampik jika Messi bisa menghadapi masalah sanksi berupa denda. Dia berpesan agar pemain bernomor punggung 10 itu harus profesional untuk melihat situasi ini.

"Kamu harus menjadi profesional melalui tebal dan tipis. Tidak ada perubahan apa pun jika menutupi nilai, penghormatan sudah dilakukan. Dia juga harus menjaga rasa hormat terhadap institusi tempatnya bekerja,” jelas Ricaldoni.

Lionel Messi

Terlepas dari keanehan situasinya, bahkan dengan konsekuensi yang mungkin terjadi meskipun merupakan penghormatan kepada mendiang Maradona, Ricaldoni menyatakan bahwa Messi mungkin memiliki alternatif lain, seperti mengenakan jersey Tim Nasional.

"Newell’s mungkin akan menjadi orang yang (Messi) miliki dan jelas itu memiliki arti khusus untuk Lionel. Gairah tidak memahami alasan dan, dalam menghadapi kematian, segala sesuatunya dimaafkan," pungkas Ricaldoni.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini