Saat Maradona Anggap Mourinho Lebih Baik dari Guardiola

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 17:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 51 2317560 saat-maradona-anggap-mourinho-lebih-baik-dari-guardiola-0U1Z1fwqvY.jpg Diego Maradona dan Jose Mourinho. (Foto/Dream Team FC)

LEGENDA sepakbola Argentina, Diego Maradona memiliki pandangan tersendiri dari dua pelatih terbaik saat ini, Jose Mourinho dan Pep Guardiola. Maradona mengatakan bahwa Mourinho lebih baik dari Guardiola.

Maradona telah meninggal dunia di rumahnya di Buenos Aires pada Rabu 25 November 2020. Dia meninggal pada usia 60 tahun setelah mengalami serangan jantung.

Foto/Okezone

Namun, pada 2018 silam, Maradona pernah menjelaskan mengapa dia menilai Mourinho lebih baik dari Guardiola. Salah satu alasannya karena Guardiola disokong dana melimpah pemilik Manchester City untuk mendatangkan pemain terbaik.

Baca juga: Jorginho Sebut Diego Maradona Sangat Berarti untuk Napoli

Selain itu, menurut Maradona, gaya permainan Guardiola, yakni tiki-taka bukan murni ciptaan pelatih asal Catalan, Spanyol tersebut. Sang ikon Argentina itu menjelaskan bahwa Guardiola hanya mengembangkan taktik legenda Belanda dan Barcelona, Johan Cruyff.

“Bagi saya, Mou adalah yang terbaik. Saya menilai Pep mengambil keuntungan dari taktik yang diberikan Cruyff kepadanya,” ungkap Maradona ketika itu menyitir Goal.

“Tiki-taka tidak ditemukan oleh Pep. Saat ini Pep mampu memilih pemain mana pun di dunia yang dia inginkan. Dengan begitu tiki-taka mudah diterapkan,” tambahnya.

Mourinho saat ini menjadi pelatih Tottenham Hotspur. Tim asuhannya pada pekan kesembilan Liga Inggris 2020-2021 berhasil mempencundangi Man City asuhan Pep Guardiola dengan skor 2-0.

Sementara itu, Mourinho, yang yang mengenal baik Maradona, memberikan penghormatan kepada sang legenda usai Tottenham menang 4-0 atas Ludogorets di Liga Eropa pada Jumat (27/11/2020). Dia mengatakan ada sisi lain Maradona yang jarang orang ketahui.

Foto/Reuters

"Ada Maradona dan ada Diego. Dunia sudah tahu Maradona, dunia tidak pernah lupa," ujarnya kepada BT Sport menutip Sky Sports.

"Diego berbeda, orang-orang yang merupakan teman baiknya, orang-orang yang berbagi ruang ganti dengannya, kolega, orang-orang ini memiliki hak istimewa."

"Ia memiliki hati yang besar. Itulah pria yang saya rindukan, karena sepakbolanya dapat kita temukan setiap kali kita merindukannya, bila kita mencari di Google, kita akan menemukannya. Namun, tidak dengan Diego."

"Saya menghabiskan hari ini untuk menceritakan kisah kepada orang-orang tentang ia dan waktu yang kami habiskan bersama dan itulah pria yang saya rindukan," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini