Pemain Indonesia Diminta Contoh Diego Maradona, soal Apa?

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 17:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 51 2317522 pemain-timnas-indonesia-diminta-contoh-diego-maradona-soal-apa-66KiVwlBjv.jpg Diego Maradona, legenda sepakbola dunia. (Foto: REUTERS/Jorge Adorno)

JAKARTA – Pesepakbola legenda nasional, Bambang Nurdiansyah, meminta pemain-pemain Indonesia untuk meniru Diego Maradona. Banur –sapaan akrab Bambang Nurdiansyah– meminta pemain Indonesia untuk meniru kegigihan Diego Maradona dalam berlatih.

Sekadar informasi, Banur merupakan salah satu pemain Timnas Indonesia yang turun di Piala Dunia U-20 1979 Jepang. Kebetulan, skuad Timnas Indonesia U-20 menginap di hotel yang sama dengan Timnas Argentina U-20, tim yang dibela Diego Maradona.

Diego Maradona

Akses luas yang dimiliki Banur membuatnya leluasa melihat aksi Diego Maradona. Dalam pengakuan Banur, Diego Maradona tak hanya berlatih bersama skuad Argentina, namun juga mandiri di hotelnya. Karena hal itulah, kualitas olah bola Diego Maradona terus meningkat.

"Saat itu, Maradona sudah menjadi bintang dengan bakat yang luar biasa. Namun, dia tetap berlatih mandiri di hotel selain dengan timnya. Saya melihatnya karena saat itu kami tinggal di hotel yang sama. Menurut saya, ini perlu dicontoh terutama oleh pesepakbola di Indonesia," kata Banur, Okezone mengutip dari Antara, Jumat (27/11/2020).

Diego Maradona

(Diego Maradona saat turun di Piala Dunia U-20 1979)

"Waktu itu dia dijaga karena kebintangannya. Akan tetapi, dia tetap berlatih sendiri di luar jam latihan reguler. Maradona itu mengetahui benar bahwa targetnya bukanlah kejuaraan dunia junior, tetapi Piala Dunia senior. Akhirnya dia bisa menikmati juara Piala Dunia, kan. Pernah menjadi pesepakbola termahal dunia juga," lanjut eks pelatih caretaker Timnas Indonesia tersebut.

Di Piala Dunia U-20, Maradona tampil impresif. Di laga pertama Grup B, Maradona mencetak dua gol sekaligus membawa Argentina menang 5-0 atas Indonesia! Singkat kata, Argentina menjadi juara setelah di final menang 3-1 atas Uni Soviet.

BACA JUGA: Bielsa: Diego Maradona Adalah Seniman, Keindahannya Tak Bisa Disamai

Diego Maradona pun meraih trofi individu di ajang tersebut. Ia dinobatkan sebagai pemain terbaik dan berhak menyabet gelar Golden Ball.

Selang tujuh tahun, Diego Maradona meraih prestasi yang jauh lebih besar. Ia membawa Argentina menjadi juara Piala Dunia 1986 setelah di final menang 3-2 atas Jerman Barat.

Aksi Diego Maradona paling dikenang saat Argentina menghadapi Inggris di perempatfinal Piala Dunia 1986. Di laga tersebut, Maradona mencetak dua gol kemenangan 2-1 Argentina atas Inggris lewat cara yang ikonik. Gol pertama yang diciptakan pada menit 51, diciptakan lewat bantuan tangannya.

Karena itu, Maradona menyebutnya sebagai gol tangan tuhan. Empat menit berselang, Diego Maradona melewati empat pemain Inggris sebelum membobol gawang Peter Shilton untuk kedua kalinya.

Diego Maradona

(Jenazah Diego Maradona saat ingin dimakamkan)

Sayangnya, Diego Maradona telah meninggalkan dunia ini pada Rabu 25 November 2020 malam WIB. Selamat jalan Maradona, sumbangsih besar Anda untuk persepakbolaan dunia takkan terlupa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini