Bielsa: Diego Maradona Adalah Seniman, Keindahannya Tak Bisa Disamai

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 15:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 51 2317418 bielsa-diego-maradona-adalah-seniman-keindahannya-tak-bisa-disamai-6eIGEHEt2D.JPG Diego Maradona mencetak gol ke gawang Inggris (Foto: Reuters)

LEEDS – Tribut untuk Diego Maradona terus mengalir. Terbaru, Manajer Leeds United, Marcelo Bielsa, berani menyebut El Pibe de Oro sebagai seniman. Keindahan seni sepakbola yang ditampilkan Diego Maradona tak akan pernah bisa disamai siapa pun.

Seperti diketahui, Diego Armando Maradona meninggal dunia pada Kamis 26 November 2020 tengah malam WIB. Ia wafat pada usia 60 tahun akibat serangan jantung, setelah sebelumnya dirawat sejak awal November 2020 akibat penyumbatan pembuluh darah di otak.

Kepergian Diego Maradona ditangisi oleh masyarakat Argentina. Duka tersebut teramat wajar mengingat lelaki kelahiran Lanus itu berperan besar membawa Tim Nasional (Timnas) Argentina juara Piala Dunia 1986.

Baca juga: Gattuso Menyesal Tak Sempat Tekel Diego Maradona di Lapangan

Aksi Diego Maradona di atas lapangan

Sebagai sesama orang Argentina, Marcelo Bielsa tentu paham seberapa besar makna Diego Armando Maradona bagi negaranya. Menurut pria yang akrab disapa El Loco, apa yang dilakukan pada Piala Dunia 1986 akan terus menginspirasi generasi penerusnya.

Infografis Diego Maradona

“Dia, bagi kami, adalah idola dan akan terus menjadi idola. Fakta bahwa dirinya tak lagi bersama kita semua, itu membawa kesedihan mendalam. Kehilangan idola adalah sesuatu yang membuat kita lemah,” terang Marcelo Bielsa, dikutip dari Goal, Jumat (27/11/2020).

“Apa yang dilakukannya sebagai pesepakbola adalah sebuah keindahan, yang tak akan bisa disamai siapa pun. Maradona adalah seorang seniman,” lanjut pria berusia 65 tahun itu.

Lebih lanjut, Marcelo Bielsa menyebut keindahan seni sepakbola yang ditampilkan Diego Maradona di lapangan hijau memiliki pengakuan tak terbatas. Bagi orang Argentina, sepakbola di kaki Diego Maradona adalah sebuah fantasi.

Marcelo Bielsa dijuluki si Gila

“Dimensi dampak seninya memiliki pengakuan tidak terbatas. Sebagai contoh, lagu-lagu yang ditulis tentangnya luar biasa. Saya telah membaca tulisan-tulisan mengenai kepergiannya. Itu adalah pengakuan atas keindahan yang dia berikan kepada penonton,” lanjut Marcelo Bielsa.

“Dalam hal arti bagi kami (orang Argentina), Diego membuat kami seperti memiliki fantasi. Seperti perasaan yang Anda dapatkan dari idola,” tutup mantan pelatih Athletic Bilbao tersebut.

Kini, sang seniman sepakbola sudah berpulang ke pangkuan Yang Maha Esa. Sekali pun pergi, kenangan masyarakat Argentina dan pencinta sepakbola pada umumnya, akan tetap abadi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini