Maradona Mengakui Menggunakan Tangan 2 Kali saat Piala Dunia

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 13:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 51 2316584 maradona-mengakui-menggunakan-tangan-2-kali-saat-piala-dunia-CU7yvXANWB.jpg Gol Tangan Tuhan Diego Maradona ke Inggris Piala Dunia 1986. (FIFA)

DIEGO Maradona, pernah menyatakan pengakuan. Dia mengatakan pernah menggunakan tangan dalam sebuah petandingan sepakbola sebanyak dua kali.

Maradona, sang ikon sepakbola Argentina merupakan pahlawan negaranya saat menjuarai Piala Dunia 1986 Meksiko. Namanya melejit dalam ajang akbar itu setelah mencetak gol menggunakan tangan. Maadona menyebutnya “Tangan Tuhan”.

Foto/FIFA

Momen itu terjadi dalam di babak perempatfinal Pialad Dunia 1986 saat Inggris menghadapi Argentina. Maradona memimpin timnya melalui sejumlah serangan. Namun, gol belum juga tercipta hingga babak pertama usai.

Baca juga: Dibobol Maradona dengan Tangan, Eks Kiper Timnas Inggris Masih Kesal

Enam menit setelah babak kedua dimulai, Maradona mencetak gol. Dia membawa keunggulan bagai Timnas Argentina melalui tangannya.

Empat menit berrselang setelah gol pertama, Maradona menari dari tengah lapangan. Dia melewati sejumlah pemain Inggris juga sang kiper. Sebagai pamungkas, Maradona melesakkan bola ke gawang Inggris pada menit 55. Sementara Inggris membalas lewat gol Garry Lineker.

Pada 2017 Maradona membuat pengakuan. Dia tak sekali menggunakan tangan dalam sebuah pertandingan resmi sepakbola. Insiden itu terjadi dalam Piala Dunia 1990 Amerika Serikat.

“Saya ceritakan satu kejadian lagi. Pada Piala Dunia 1990, saya menggunakan tangan saya untuk menepis bola dari garis gawang kami (seharusnya gol) dalam pertandingan (grup) melawan Uni Soviet,” tutunya kepada FIFA ketika itu.

“Kami mujur karena wasit tidak melihatnya. Tidak ada teknologi (VAR) waktu itu, namun sekaran ceritanya lain,” tambahnya.

Foto/Reuters

Diego Maradona meninggal dunia di rumahnya di Buenos Aires pada Rabu 25 November 2020. Sang ikon sepakbola Argentina meninggal pada usia 60 tahun setelah mengalami serangan jantung.

Sebelumnya, pada awal November, Maradona menjalani operasi pembekuan darah di otaknya. Dia juga menjalani perawatan untuk mengatasi ketergantungan alkohol.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini