Sebelum Meninggal, Maradona Ingin Ulangi Gol Tangan Tuhan

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 08:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 51 2316358 sebelum-meninggal-maradona-ingin-ulangi-gol-tangan-tuhan-mSLQAelRdg.JPG Mural Gol Tangan Tuhan (Foto: Reuters/Sergio Moraes)

BUENOS AIRES – Diego Maradona meninggal dunia pada Kamis (26/11/2020) tengah malam WIB. Sebelum pergi, legenda sepakbola kelahiran Argentina itu pernah mengucapkan keinginan terakhirnya, yang bertepatan dengan ulang tahun ke-60 pada 30 Oktober 2020.

Seperti diketahui, Diego Armando Maradona meninggal dunia akibat serangan jantung pada tengah malam. Lelaki kelahiran Lanus itu sebelumnya dirawat sejak awal November 2020, tidak lama setelah ulang tahunnya, akibat penyumbatan pembuluh darah di otak.

Sebelum merayakan ulang tahun ke-60, Diego Armando Maradona mengungkapkan keinginan khusus. Mengingat dirinya dikenal memiliki selera humor yang tinggi, maka keinginan itu adalah mengulangi gol Tangan Tuhan ke gawang Tim Nasional (Timnas) Inggris, kali ini dengan tangan kanan.

Baca juga: Diego Maradona Meninggal, Pele Ingin Bermain Bersama di Angkasa

Gol Tangan Tuhan

“Saya bermimpi untuk bisa mencetak gol lainnya melawan Inggris, dengan tangan kanan kali ini,” ujar Diego Maradona yang disambut dengan derai tawa, dikutip dari Joe.co, Kamis (26/11/2020).

Ya, Gol Tangan Tuhan ke gawang Timnas Inggris pada Perempatfinal Piala Dunia 1986 di Meksiko merupakan salah satu yang paling dikenal. Betapa tidak, Diego Maradona yang bertinggi badan hanya 168 sentimeter (cm) mampu memenangi sundulan melawan kiper Peter Shilton.

Infografis Diego Maradona

Sedikit bercerita, ketika itu Diego Maradona berusaha menyundul bola untuk mendahului Peter Shilton. Karena dalam posisi terangkat, maka tangan kiri Diego Maradona menyentuh bola dan masuk ke dalam gawang. Normalnya, insiden itu akan dianggap handball dan gol dianulir.

Wasit Ali Bin Nasser dari Tunisia lantas dikerubungi oleh penggawa Timnas Inggris yang melakukan protes. Sang pengadil mengaku tidak melihatnya dan kemudian mengesahkan gol tersebut setelah berdiskusi dengan hakim garis.

Kebetulan, Diego Maradona mencetak dua gol yang ikonik pada pertandingan itu. Gol pertamanya pada menit 51 memang kontroversial. Namun, gol keduanya lantas dinobatkan sebagai gol terbaik abad ini oleh Federasi Sepakbola Internasional (FIFA).

Diego Maradona mencetak gol kedua ke gawang Inggris (Foto: Reuters)

Untuk gol kedua yang dicetak pada menit 55 itu, Diego Maradona menggiring bola melewati setidaknya lima pemain Timnas Inggris. Beberapa tahun setelahnya, ia memuji para pemain itu karena melancarkan tekel untuk mengincar bola, bukan kakinya.

Kini, Diego Maradona sudah tiada. Kepergiannya pun ditangisi tidak hanya oleh masyarakat Argentina, tetapi juga pecinta sepakbola di seluruh dunia. Selamat jalan Diego Armando Maradona.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini