Mulai 2 Desember 2020, Pemerintah Izinkan Liga Inggris Dihadiri Penonton

Bagas Abdiel, Jurnalis · Selasa 24 November 2020 09:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 45 2314962 mulai-2-desember-2020-pemerintah-izinkan-liga-inggris-dihadiri-penonton-eFc9dgQqLC.jpg Stadion Anfield (Foto: Reuters)

LONDON – Pemerintah Inggris telah membuat keputusan terbaru, di mana para penggemar sepakbola diizinkan hadir ke stadion mulai 2 Desember 2020. Keputusan tersebut diumumkan langsung Perdana Menteri Inggris yakni Boris Johnson pada Senin 23 November 2020.

Setelah lockdown nasional berakhir pada 2 Desember 2020, pemerintah siap membuka stadion dan mengizinkan para penonton menyaksikan laga Liga Inggris secara langsung. Meski begitu, para penggemar yang hadir di dalam stadion akan tetap dibatasi.

Old Trafford

Pemerintah Inggris pun membagi ke dalam tiga tier, untuk menentukan jumlah dari batasan penonton. Pembatasan akan dilakukan bergantung dengan situasi kasus Covid-19 di wilayah saat pertandingan tengah berlangsung.

Untuk tier pertama, sebanyak 4.000 penggemar akan diizinkan masuk ke dalam stadion. Sementara pada tier kedua, sebanyak 2.000 orang akan diperbolehkan masuk ke arena pertandingan.

Sayangnya untuk tier ketiga, tidak akan ada penonton yang masuk ke dalam stadion. Pasalnya pada tier tersebut, wilayah tersebut masih dianggap memiliki risiko tinggi terhadap penyebaran virus Corona.

Baca juga Tottenham Hotspur Layak Juarai Liga Inggris 2020-2021

“Pada tier satu dan dua, penonton acara olahraga dan bisnis akan bebas untuk dihadiri penonton baik di dalam dan di luar ruangan dengan batasan kapasitas dan jarak sosial,” ungkap Johnson, mengutip dari BBC, Selasa (24/11/2020).

Meski begitu, pemerintah Inggris belum mengumumkan secara langsung wilayah mana yang akan masuk dalam tier 1 hingga 3. Pengumuman lebih lanjut akan disampaikan pemerintah Inggris paling cepat Kamis, 27 November 2020.

“Akhir pekan ini, kami akan mengumumkan wilayah mana yang akan jatuh ke tier yang mana, tentu saja berdasarkan analisis kasus di semua kelompok umur, terutama di atas 60-an,” lanjut Johnson.

“Juga, itu akan melihat tingkat di mana kasus naik atau turun, presentase dari mereka yang diuji pada populasi lokal yang memiliki tekanan Covid dan saat ini diproyeksikan pada NHS,” sambungnya.

Emirates Stadium

Keputusan tersebut jelas akan memberikan kelegaan bagi para penggemar sepakbola. Sebab , sejak kompetisi sepakbola kembali bergulir di masa pandemi Covid-19, para penggemar harus menyaksikan setiap klubnya bermain dari rumah.

Beberapa klub pun langsung menyambut baik prospek kembalinya para penonton walau dalam jumlah kecil. Tentu saja, ini bisa memberi angin segar bagi klub yang mengalami masalah besar dalam hal finansial sejak penonton dilarang hadir dalam stadion.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini