Alasan Ricky Yacobi Absen Bela Timnas Indonesia di SEA Games 1991

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Minggu 22 November 2020 11:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 22 49 2313886 alasan-ricky-yacobi-absen-bela-timnas-indonesia-di-sea-games-1991-CblNKzlhGZ.jpg Ricky Yacobi. (Foto: Twitter/PSSI)

JAKARTA Ricky Yacobi adalah legenda persepakbolaan di Tanah Air. Ia layak disebut legenda karena prestasinya yang luar biasa yang mampu ia ciptakan selama di era kejayaannya, yakni pada pertengahan 1980-an sampai awal 1990-an.

Prestasi terbaik yang mungkin akan selalu diingat adalah keberhasilan Ricky Yacob membawa Tim Nasional (Timnas) Indonesia meraih medai emas di cabang olahraga (cabor) sepakbola pada ajang SEA Games 1987.

Kemenangan Timnas Indonesia di ajang tersebut menjadi prestasi yang luar biasa karena medali emas untuk pertama kalinya mampu diraih Tanah Air di kompetisi SEA Games tersebut. Gara-gara itulah, Ricky Yacobi pun namanya semakin melambung tinggi.

Baca Juga: Ada Cerita Unik di Balik Pergantian Nama Ricky Yacob Jadi Ricky Yacobi

Ricky Yacobi

Sebab sebagai pemain yang berposisi sebagai striker, Ricky Yacob berperan besar dalam keberhasilan Timnas Indonesia merebut medali emas di ajang SEA Games 1987. Tak ada yang meragukan kualitas dan kehebatan Ricky Yacobi pada saat itu.

Akan tetapi, secara mengejutkan nama Ricky Yacobi ternyata tak ada di dalam daftar pemain Timnas Indonesia untuk menghadapi SEA Games 1991 di Filipina. Manajer Timnas Indonesia pada saat itu, I Gusti Kompyang (IGK) Manila, pun menjadi pihak yang paling bertanggung jawab atas dicoretnya nama Ricky Yacobi dari SEA Games 1991.

Keputusan IGK Manila tak membawa Ricky Yacobi ke Filipina lantas sempat membuat perdebatan dengan Ketua Umum PSSI pada saat itu, yakni Kardono. Kardono dan sejumlah pencinta sepakbola Tanah Air pada saat itu sama-sama mempertanyakan alasan mengapa IGK Manila tak mengikutsertakan Ricky Yacobi bersama Timnas Indonesia ke SEA Games 1991.

Jawaban itu pun akhirnya terkuak dalam sebuah biografi IGK Manila yang berjudul Panglima Gajah, Manajer Juara yang terbit pertama kali pada 2017 silam. Dalam buku biografi yang ditulis oleh Hardy Hermawan dan Edy Budiyarso itu, diketahui IGK Manila mencoretnya dari skuad Timnas Indonesia karena Ricky Yacobi dinilai tidak siap tampil untuk SEA Games 1991.

IGK Manila menyebut ada semacam pertentangan batin yang dialami Ricky Yacobi sehingga mempengaruhi performanya. Alhasil, IGK Manila pun memilih untuk tak membawa Ricky Yacobi ke SEA Games 1991.

“Saya tahu Ricky pemain bagus, tapi saya juga punya alasan. Fokus saya sekarang keutuhan tim. Target kita emas. Hanya pemain yang siap bertanding yang bertahan di tim,” kata IGK Manila dalam biografinya, Minggu (22/11/2020).

Untungnya, meski tanpa Ricky Yacobi, Timnas Indonesia tetap berhasil tampil baik dan mampu merebut medali emas di ajang SEA Games 1991 tersebut. Medali emas itu lantas menjadi medai emas terakhir yang bisa diraih Timnas Indonesia di ajang SEA Games.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini