Ada Cerita Unik di Balik Pergantian Nama Ricky Yacob Jadi Ricky Yacobi

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Minggu 22 November 2020 08:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 22 49 2313834 ada-cerita-unik-di-balik-pergantian-nama-ricky-yacob-jadi-ricky-yacobi-Wjy7HlsdPu.jpg Ricky Yacobi. (Foto: Twitter/PSSI)

JAKARTA – Persepakbolaan Tanah Air baru saja kehilangan sosok legenda bernama Ricky Yacobi pada Sabtu 21 November 2020. Ricky Yacobi meninggal dunia ketika sedang bermain sepakbola di Lapangan A, Senayan, Jakarta di pagi hari.

Tentunya kepergian Ricky Yacobi menjadi kehilangan untuk dunia sepakbola Indonesia. Berbagai prestasi nyatanya pernah ia persembahkan untuk Indonesia sewaktu masih aktif di periode pertengahan 1980-an hingga awal 1990-an.

Kehebatan Ricky Yacobi yang mungkin sulit dilupakan adalah keberhasilannya membantu Tim Nasional (Timnas) Indonesia meraih medali emas pertama di ajang SEA Games, yakni pada edisi 1987. Ia pun juga menjadi pesepakbola Indonesia pertama yang berhasil merumput di sepakbola Jepang.

Baca Juga: Kisah Gol Terakhir Ricky Yacobi Menjelang Meninggal Dunia

Momen saat Ricky Yacobi meninggal dunia

Tentu pada saat itu dapat bermain di luar negeri adalah sebuah keberhasilan yang sangat luar biasa untuk pesepakbola Tanah Air. Tapi tahukah Anda bahwa ada kejadian menarik sepulangnya Ricky Yacobi dari Jepang?

Kejadian menarik itu adalah pergantian nama Ricky Yacobi. Jadi, sebelumnya nama legenda sepakbola kelahiran Medan, 12 Maret 1963 itu adalah Ricky Yacob. Namun, ketika berkarier di Jepang, ia memutuskan untuk menambah huruf i di akhir namanya tersebut.

Jadi, nama Ricky Yacobi baru muncul usai ia bermain di Jepang, khususnya saat tergabung ke dalam tim Matsushita (saat ini bernama Gamba Osaka) pada 1988 silam. Tentu ada alasan yang membuat Ricky pada akhirnya menambahkan huruf i di akhir kata Yacob.

Alasannya karena orang Jepang pada nyatanya kesulitan mengucapkan kata dengan akhiran huruf mati seperti b dari Yacob. Demi memudahkan orang-orang Jepang memanggil namanya, Ricky pada saat itu pun memutuskan untuk mengganti namanya yang awalnya Yacob menjadi Yacobi.

Nama Ricky Yacobi pun pada akhirnya ia pertahankan sepulang dari Jepang. Tampaknya Ricky Yacobi lebih menyukai namanya tersebut ketimbang hanya Ricky Yacob saja.

Terlepas dari itu semua, apa pun panggilannya, Ricky Yacobi tetap adalah salah satu legenda terbaik yang dimiliki oleh sepakbola Indonesia. Sumbangsihnya kepada persepakbolaan Tanah Air jelas takkan pernah terlupakan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini