Mantan Pemain Chelsea Ini Merasa Bebas sebagai Pesepakbola Muslim di Turki

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Kamis 19 November 2020 18:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 19 51 2312612 mantan-pemain-chelsea-ini-merasa-bebas-sebagai-pesepakbola-muslim-di-turki-G9VGLMVPRe.JPG Demba Ba kini membela Istanbul Basaksehir di Liga Turki. (Foto: Reuters)

ISTANBUL – Sebagai pesepakbola muslim di Eropa, ada banyak tantangan yang harus mereka hadapi untuk menjadi seorang penganut agama islam yang baik. Mereka harus beradaptasi di negara yang tentunya mayoritas bukanlah pemeluk agama islam.

Hal itulah yang dirasakan oleh pesepakbola asal Senegal, Demba Ba. Ba pernah merasakan sulitnya melaksanakan sholat lima waktu ke mesjid saat masih membela Chelsea atau Newcastle United dan ketika berada di West Ham United.

Sedari 2011 sampai 2014, Ba merasakan sulitnya melaksanakan ibadah dengan baik di Inggris. Semua itu terjadi karena berbagai tantangan yang memang harus ia hadapi di negara yang mayoritas non-muslim.

Baca Juga: Demba Ba dan Hobinya Mencetak Gol ke Gawang Man United

Demba Ba saat melaksanakan ibadah umrah

Akan tetapi, kini Ba sudah tak merasakan masalah tersebut. Sebab sekarang ia membela salah satu klub yang berada di Liga Turki, yakni Istanbul Basaksehir FK atau yang disebut Istanbul BB.

Berada di Turki yang merupakan negara mayoritas muslim membuat Ba menjadi lebih bebas sebagai seorang penganut agama islam. Ia tak lagi pusing mencari mesjid untuk melakukan sholat lima waktu.

Ba pun mengaku kini ia bisa sholat kapan pun ia mau. Hal yang paling ia sukai selama berkarier di Turki adalah muslim bebas untuk melakukan apa pun. Baik itu menggunakan hijab atau tidak. Ketika seorang wanita muslim menggunakan hijab pun, Ba melihat tak ada yang melecehkan seperti yang ia pernah lihat di beberapa negara yang pernah ia bermain.

"Saya seorang muslim dan bekerja di negara muslim (Turki) . Saya sangat senang memenuhi kewajiban agama saya. Turki memberikan kebebasan beragama kepada orang-orang. Saya bisa pergi ke masjid untuk sholat kapan pun saya mau,” cerita Ba, dikutip dari Daily Sabah, Kamis (19/11/2020).

“Wanita di Turki bebas mengenakan jilbab mereka. Jika mereka tidak menyukainya, mereka tidak harus memakai kerudung mereka. Ini adalah sesuatu yang tidak kita lihat di mana-mana di dunia saat ini,” tambahnya.

Selebrasi Demba Ba usai mencetak gol

"Saya tidak pernah mengalami masalah (menjadi seorang muslim). Karena semua orang sangat mengenal saya dan tidak ada yang bisa menilai saya karena keyakinan agama saya. Beberapa manajer mungkin mengatakan kepada pesepakbola muslim bahwa mereka tidak boleh berpuasa selama bulan Ramadan. Orang-orang juga melecehkan wanita muslim yang mengenakan jilbab di depan umum. Hal-hal itu tidak pernah terjadi di Turki,” lanjut Ba.

Jadi, saat ini Ba benar-benar sangat menikmati bermain bersama Istanbul BB di Turki. Ba tentunya bisa memperlihatkan permainan terbaiknya kepada dunia sekali lagi karena Istanbull BB kini berada di kompetisi Liga Champions 2020-2021 dan tergabung bersama bersama Manchester United, RB Leipzig, dan Paris Saint-Germain (PSG) di Grup H.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini