Meski Seret Gol Bersama Liverpool, Tekanan kepada Firmino Tak Besar

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 17 November 2020 20:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 17 45 2311272 meski-seret-gol-bersama-liverpool-tekanan-kepada-firmino-tak-besar-GbqUGlkH8V.jpg Roberto Firmino (Foto: Twitter/@LFC)

LIVERPOOL – Mantan pemain Liga Inggris, Darren Bent, menilai Roberto Firmino tidak mendapatkan tekanan besar meski keran golnya untuk Liverpool tersendat pada musim 2020-2021. Menurut Bent, itu disebabkan prestasi Liverpool dalam dua musim terakhir.

Firmino adalah salah satu pemain kunci Liverpool saat mengukir prestasi dalam dua musim terakhir ini. Pemain asal Brasil itu membentuk trio dengan Mohamed Salah dan Sadio Mane yang membawa Liverpool menjuarai Liga Champions 2018-2019, Piala Super Eropa 2019-2020, Piala Dunia Klub 2019-2020, dan Liga Inggris 2019-2020.

Roberto Firmino (Foto: Twitter/@SquawkaNews)

Prestasi itu menolong Firmino ketika performanya menurun pada musim ini. Firmino baru mencetak dua gol dan satu assist dalam 12 penampilan untuk Liverpool.

Penampilan Firmino berbanding terbalik dengan dua rekannya di lini depan, Salah dan Mane. Salah sudah membuat 10 gol dan satu assist dalam 13 pertandingan. Sementara itu, Mane telah membuat lima gol dan tiga assist setelah tampil 11 kali pada musim ini.

BACA JUGA: Liverpool Tawarkan Wijnaldum Kontrak Berdurasi Tiga Tahun

Meski penampilan Firmino tengah menurun, banyak orang memaklumi itu. Sebab, Firmino bukan penyerang haus gol, seperti Salah dan Mane. Pemain berumur 29 tahun itu adalah penyerang yang lebih mementingkan tim. Firmino rela menjadi pengalih perhatian agar Salah dan Mane mendapatkan ruang untuk mencetak gol.

Namun, Bent pun menyatakan bahwa Firmino patut waspada sekarang karena ada Diogo Jota. Meski baru datang pada bursa transfer musim panas 2020, Jota cukup cepat beradaptasi.

Jota bahkan sudah mencetak tujuh gol dalam 11 pertandingan untuk Liverpool. Jika Firmino tidak berhati-hati, Bent menilai posisinya di lini depan Liverpool akan direbut oleh Jota.

“Dalam kasus Liverpool dengan Firmino, karena mereka telah memenangkan segalanya, tekanannya tidak seburuk itu. Liverpool menjuarai Liga Inggris dan Liga Champion meski dia mungkin tidak mencetak gol secara konsisten,” kata Bent, menyadur dari Talk Sport, Selasa (17/11/2020).

BACA JUGA: 9 Pemain Cedera, Ini Prakiraan Formasi Liverpool di Laga Kontra Leicester City

“Di sisi lain, jika tim Anda tidak bekerja dengan baik dan Anda tidak mencetak gol, saat itulah orang mungkin akan lebih mengkritik Anda. Firmino selalu berpikir, ‘saya telah melakukan pekerjaan untuk tim saya, memegang bola dengan baik sebagai perekat yang menyatukan Salah dan Mane,” tuturnya

“Jota sekarang datang dan memberikan tekanan, dan orang-orang mungkin telah membuka mata mereka sedikit dan berpikir, tunggu, seharusnya bukan hanya Salah atau Mane yang mendapatkan gol,' karena Jota masuk dan mulai menghancurkan seperti mereka (Salah dan Mane),” ucap Bent.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini