Pamor Liga Spanyol Tidak Surut meski Lionel Messi Pergi

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 16 November 2020 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 16 46 2310398 pamor-liga-spanyol-tidak-surut-meski-lionel-messi-pergi-YCjDwuX6RM.JPG Lionel Messi berlari menggiring bola (Foto: Reuters/Albert Gea)

MONTEVIDEO – Keputusan Lionel Messi untuk menetap bersama Barcelona ditanggapi beragam. Menurut mantan pemain Atletico Madrid, Diego Forlan, sekali pun La Pulga pergi, kompetisi La Liga Spanyol akan tetap bertahan hidup dengan pamor yang dimiliki saat ini.

Seperti diketahui, Lionel Messi sempat mengancam akan pergi kepada manajemen Barcelona pada medio Agustus 2020. Pesepakbola asal Argentina itu merasa sudah waktunya mencari tantangan baru di luar Spanyol. Namun, pada akhirnya sang megabintang bertahan.

Salah satu penyebab Lionel Messi bertahan adalah klausul pelepasan senilai 700 juta Euro (setara Rp12 triliun). Barcelona dan pihak La Liga, kukuh pada sikap masing-masing. Sang pemain baru bisa pergi seandainya ada yang berani menebus klausul tersebut.

Baca juga: PSG Tak Perlu Boyong Lionel Messi untuk Juarai Liga Champions

Lionel Messi cetak gol ke gawang Real Betis (Foto: Reuters/Albert Gea)

Kukuhnya sikap La Liga diyakini terkait pamor kompetisi. Sebab, sorotan ke La Liga tidak lagi deras seperti ketika masih ada rivalitas Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. CR7 sendiri sudah hengkang ke Juventus di Liga Italia pada musim panas 2018.

Kepergian Lionel Messi dikhawatirkan bakal menurunkan pamor La Liga di mata dunia. Namun, hal itu dibantah keras oleh Diego Forlan. Pria asal Uruguay itu meyakini, dengan kekayaan sejarah, Liga Spanyol akan tetap diminati.

“Saya tidak bisa bilang (Messi bertahan) adalah sebuah hadiah. Tentu saja, Liga Spanyol sudah berkembang pesat karena pemain-pemain hebat yang merumput di klub-klub berbeda. Namun, La Liga adalah La Liga dan klub-klub sangat penting, begitu juga sejarahnya,” papar Diego Forlan, dilansir dari Goal, Senin (16/11/2020).

Pun begitu, ia tidak menampik bertahannya Lionel Messi di Barcelon adalah kabar baik. Sekali pun nantinya tetap pergi, sejarah serta usia kompetisi yang menyentuh 90 tahun, tetap akan menarik banyak pemain bintang merumput di sana.

“Sangat bagus memang dia bertahan. Namun, liga itu terus bertumbuh. Leo Messi, Luis (Suarez), pemain-pemain hebat. Mereka mengubah citra liga dan kompetisi itu akan selalu ada,” lanjut Diego Forlan.

“Lagipula, kompetisi itu sudah berlangsung 90 tahun. Dalam sejarahnya, La Liga mampu menarik pemain-pemain besar, dan tetap akan diperkuat pemain-pemain bintang. Pada akhirnya, yang tersisa di La Liga adalah klub, dan itu adalah hal terpenting,” tandas mantan penyerang Villarreal tersebut.

Cepat atau lambat Liga Spanyol akan kehilangan Lionel Messi, baik karena pensiun atau hengkang ke klub lain. Yang pasti, kontraknya bersama Barcelona akan berakhir pada 30 Juni 2021 dan hingga kini belum ada tanda-tanda perpanjangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini