Daftar 24 Negara dan Hasil Undian Fase Grup Piala Eropa 2020

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 13 November 2020 06:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 13 51 2308811 daftar-24-negara-dan-hasil-undian-fase-grup-piala-eropa-2020-oglbT1muD5.jpg Trofi Piala Eropa (Foto: Twitter/@UEFAEURO)

DAFTAR 24 negara yang akan tampil di Piala Eropa 2020 sudah lengkap. Hungaria, Slovakia, Skotlandia, dan Makedonia Utara merupakan empat tim terakhir yang memastikan tempatnya di turnamen internasional terelite Benua Biru tersebut.

Keempat negara itu lolos setelah memenangkan final playoff di Path masing-masing. Hungaria secara dramatis mengalahkan Islandia 2-1 di final playoff Path A. Sama seperti Hungaria, Slovakia pun susah payah menang 2-1 atas Irlandia Utara di final playoff Path B.

Skotlandia (Foto: Reuters/Marco Djurica)

Sementara itu, Skotlandia bermain imbang 1-1 dengan Serbia di final playoff Path C sehingga pemenang ditentukan melalui babak adu penalti. Andy Robertson dan kawan-kawan lolos ke Piala Eropa 2020 setelah menang 5-4 atas Serbia.

Berbeda dari ketiga negara lain yang bersusah payah meraih kemenangan, Makedonia Utara lebih mudah merebut satu tempat di Piala Eropa 2020. Makedonia Utara mengalahkan Georgia 1-0 di final playoff Path D.

BACA JUGA: Kalahkan Serbia Lewat Adu Penalti, Skotlandia Lolos ke Piala Eropa 2020

Setelah memastikan satu tempat di Piala Eropa 2020, keempat tim itu pun langsung masuk ke dalam empat Grup yang telah ditetapkan sebelumnya. Hungaria, Slovakia, Skotlandia, dan Makedonia Utara masuk ke grup-grup yang cukup menantang.

Hungaria masuk Grup F bersama Portugal, Prancis, dan Jerman. Slovakia berada di Grup E dengan Spanyol, Swedia, dan Polandia. Skotlandia bertemu Inggris, Kroasia, dan Republik Ceko dalam Grup D. Sementara itu, Makedonia Utara menempati Grup C bersama Belanda, Ukraina, dan Austria.

Sekadar informasi, Piala Eropa 2020 sedikit berbeda ketimbang edisi-edisi sebelumnya. Jika Piala Eropa biasanya diselenggarakan di satu atau dua negara, kali ini ada 12 negara yang menjadi tuan rumah.

Alasan UEFA memilih 12 tuan rumah, demi memperingati 60 tahun penyelenggaraan Piala Eropa. Piala Eropa pertama kali digelar di Prancis pada 1960 dengan Uni Soviet keluar sebagai juara.

BACA JUGA: Bungkam Islandia Secara Dramatis, Hungaria Melaju ke Putaran Final Piala Eropa 2020

Sementara itu, tuan rumah untuk Piala Eropa 2020 adalah Belanda, Italia, Inggris, Spanyol, Hungaria, Denmark, Azerbaijan, Republik Irlandia, Jerman, Rusia, Rumania dan Skotlandia. Patut ditunggu, aksi dari 24 negara yang akan memperebutkan satu predikat, yakni tim terbaik di Benua Biru.

Berikut daftar 24 negara dan hasil undian fase grup Piala Eropa 2020:

Grup A

Turki, Italia, Wales, Swiss

Grup B

Denmark, Finlandia, Belgia, Rusia

Grup C

Belanda, Ukraina, Austria, Makedonia Utara

Grup D

Inggris, Kroasia, Republik Ceko, Skotlandia

Grup E

Spanyol, Swedia, Polandia, Slovakia

Grup F

Portugal, Prancis, Jerman, Hungaria

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini