Kini Jadi Idola Baru, Jack Brown Beberkan Pernah Ditolak Gabung Timnas Indonesia

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 12 November 2020 09:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 12 51 2308295 kini-jadi-idola-baru-jack-brown-beberkan-pernah-ditolak-gabung-timnas-indonesia-mcE56BEuN1.jpg Jack Brown (Foto: PSSI)

JAKARTA – Nama Jack Brown kini sudah tidak asing lagi di telinga pencinta sepakbola Tanah Air. Pasalnya, pemain berdarah Inggris itu tampil apik selama menjalani pemusatan latihan (TC) bersama skuad Timnas Indonesia U-19 di Kroasia pada September-Oktober 2020 lalu.

Kendati demikian, belum banyak yang tahu bahwa Jack Brown sebenarnya pernah ditolak untuk bergabung dengan skuad Timnas Indonesia. Hal ini terjadi ketika Jack Brown masih berusia 15 tahun dan hendak bergabung dengan Timnas Indonesia U-16.

Meski berdarah Inggris, namun Jack Brown masih merupakan pemain keturunan Indonesia. Bahkan, pemain kelahrian 2 November 2001 itu lahir di Jakarta. Itulah mengapa Jack Brown memiliki ambisi kuat untuk bisa membela Timnas Indonesia.

Baca juga: AFC Tetapkan Jadwal Baru untuk Piala Asia U-19

Jack Brown (tengah)

Saat mengikui seleksi Timnas Indonesia U-16 beberapa tahun lalu, Jack Brown gagal menembus tim inti. Pada saat itu, Jack Brown pasalnya dianggap belum layak untuk bergabung. Akan tetapi, hal ini tak lantas membuat ia menyerah.

Jack Brown baru mendapat kesempatan membela Garuda Muda kala Shin Tae-yong ditunjuk oleh PSSI untuk menjadi pelatih Timnas Indonesia. Shin Tae-yong tidak hanya menangani tim senior, namun juga U-23 dan U-19.

Pada awal 2020, saat Shin Tae-yong melakukan seleksi untuk Timnas Indonesia U-19, nama Jack Brown sebenarnya sempat dicoret. Akan tetapi, pada kesempatan berikutnya yang datang beberapa bulan kemudian, Jack Brown mampu meyakinkan pelatih asal Korea Selatan itu untuk memasukkan namanya ke dalam skuad.

“Ini untuk pertama kalinya saya bisa mengikuti TC jangka panjang di tim nasional. (Pada) dua tahun lalu saat usia saya masih 15, saya tidak lolos seleksi,” ujar Jack Brown kepada KR TV.

Selama menjalani TC di kroasia, Jack Brown dipercaya untuk tampil sebanyak tiga kali. Pemain yang sekarang membela Lincoln U-18 itu pun mencetak dua gol.

Jack Brown mencetak gol

Saat ini, Jack Brown memiliki ambisi untuk mempertahankan tempatnya di skuad Timnas Indonesia U-19. Sebab, skuad ini dipersiapkan untuk tampil dalam gelaran Piala Dunia U-20 2021.

“Tentu saya ingin membela timnas di Piala Dunia U-20 nanti,” terang Jack Brown.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini