Selain Kejar Rekor Ali Daei, Ini Catatan Lainnya yang Dibuat Cristiano Ronaldo Semalam

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 12 November 2020 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 12 51 2308263 selain-kejar-rekor-ali-daei-ini-catatan-lainnya-yang-dibuat-cristiano-ronaldo-semalam-AbNRlO3oB4.jpg Cristiano Ronaldo (Foto: Media Timnas Portugal)

LISBON – Cristiano Ronaldo menyumbang satu gol untuk Timnas Portugal saat menghadapi Andorra di laga persahabatan pada Kamis (12/11/2020) dini hari WIB. Hal tersebut membuat Ronaldo kini kian dekat dengan rekor legenda Timnas Iran, Ali Daei.

Saat ini, Daei merupakan top skor internasional sepanjang masa dengan torehan 109 gol dalam 149 pertandingan untuk Iran. Sementara itu, Ronaldo sekarang telah melesakkan 102 gol untuk Timnas Portugal.

Dengan demikian, CR7 hanya membutuhkan tujuh gol lagi untuk bisa menyamai catatan milik Daei. Mengingat Ronaldo masih aktif bermain dan tetap dalam performa puncak meski sudah berusia 35 tahun, kemungkinan catatan milik Ali Daei tersebut bakal dilewati oleh sang kapten Timnas Portugal tersebut.

Baca juga: Lionel Messi Sehat, Siap Tampi Bela Timnas Argentina

Akan tetapi, itu bukanlah satu-satunya catatan apik yang dibuat Ronaldo semalam. Sumbangan satu gol Ronaldo tersebut pasalnya membuat Timnas Portugal menang telak 7-0 atas Andorra.

Cristiano Ronaldo

Dengan begitu, kini Ronaldo sudah menorehkan catatan meraih 100 kemenangan bersama Timnas Portugal. Jumlah ini tentunya fantastis dan tidak sembarang pemain bisa memperolehnya. Terlebih, CR7 melakukannya dalam 168 kali penampilan.

Pertama kali Ronaldo melakukan debut untuk Timnas Portugal adalah pada 20 Oktober 2003 melawan Kazakhstan. Kala itu, usia Ronaldo masih 18 tahun dan ia dipercaya untuk tampil di babak kedua menggantikan Luis Figo.

Luar biasanya, Ronaldo langsung memberikan kontribusi dengan menyumbang satu assist. Umpan itu ia berikan kepada Simao. Berkat kerja sama Ronaldo dan Simao tersebut, Timnas Portugal pun menang dengan skor 1-0.

Sejak saat itu, Ronaldo mulai cukup sering dipanggil untuk membela Selecao. Gol perdana Ronaldo untuk Timnas Portugal baru terlahir pada 12 Juni 2004. Saat itu Portugal berhadapan dengan Yunani di babak penyisihan Grup A Piala Eropa 2004.

Cristiano Ronaldo

Sayangnya, meski Ronaldo mencetak satu gol, namun Portugal mengalami kekalahan dengan skor 1-2. Dalam turnamen tersebut, Portugal sebenarnya mampu melangkah hingga partai final. Akan tetapi, mereka gagal menjadi juara karena lagi-lagi dikalahkan oleh Yunani.

Ronaldo baru bisa mengantarkan Timnas Portugal meraih gelar juara dalam gelaran Piala Eropa 2016. Di partai final melawan Prancis, Ronaldo sebenarnya hanya bermain 25 menit. Sebab, ia mengalami cedera dan harus ditarik keluar. Meski begitu, Portugal mampu menang 1-0.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini