5 Klub Paling Berharga saat Ini, Nomor 1 Tembus Rp16,1 Triliun

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 11 November 2020 19:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 11 51 2307859 5-klub-paling-berharga-saat-ini-nomor-1-tembus-rp16-1-triliun-H9nltqixy4.jpg Liverpool menjadi klub paling berharga (Foto: Premier League)

INDUSTRIALISASI sepakbola kini menjadikan sebuah klub tak lagi hanya menjadi tempat mengasah keterampilan mengolah si kulit bundar. Klub-klub di seluruh dunia berlomba-lomba untuk mencatatkan prestasi, tidak hanya di dalam, tetapi juga luar lapangan hijau.

Kedua aspek itu sebetulnya memiliki korelasi. Prestasi di atas lapangan hijau cenderung membawa kesuksesan pada neraca keuangan. Semakin berprestasi sebuah klub, semakin banyak pula sponsor yang mengantre. Dengan begitu, nilai klub akan semakin mahal.

Berikut adalah deretan klub-klub sepakbola paling berharga di muka bumi saat ini, disadur dari Sportskeeda, Rabu (11/11/2020).

5. Paris Saint-Germain (PSG)

Sejak diambil alih oleh Qatar Sports Investment pada 2011, PSG menjelma menjadi klub papan atas, tidak hanya di Prancis, tetapi juga Eropa. Akuisisi tersebut cukup berdampak dari sisi prestasi di mana mereka kini mendominasi di kancah domestik.

Gelontoran uang dari Qatar itu menjadikan PSG sebagai salah satu klub paling bernilai saat ini. Les Parisien ditaksir memiliki nilai 772,88 juta Euro (setara Rp12,9 triliun). Taksiran nilai itu hanya sedikit lebih besar dari klausul pelepasan seorang Lionel Messi yang mencapai 700 juta Euro (setara Rp12 triliun).

PSG menjadi salah satu kekuatan baru (Foto: UEFA)

4. Bayern Munich

Rajanya Liga Jerman ini pantas masuk dalam daftar klub paling berharga di dunia. Apalagi, mereka baru saja mencatatkan quintuple winners (Bundesliga, DFB Pokal, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Super Jerman). Tidak heran, nilai Bayern Munich pun melonjak tajam.

Klub asal region Bavaria itu ditaksir memiliki nilai sebesar 778,27 juta Euro (setara Rp12,99 triliun). Mereka melewati taksiran harga PSG, klub yang dikalahkan Bayern Munich pada Final Liga Champions 2019-2020.

3. Barcelona

Klub papan atas Liga Spanyol ini tentu saja harus masuk dalam daftar. Barcelona memang punya nilai yang sangat besar, tidak hanya dari sisi keuangan, tetapi juga kultur masyarakat Catalunya. Taksiran nilai klub tersebut mencapai 790,38 juta Euro (setara Rp13,19 triliun).

Sayangnya, Barcelona tengah terancam bangkrut akibat salah pengelolaan di bawah Presiden Josep Maria Bartomeu. Manajemen Blaugrana berusaha menyelamatkan klub dengan cara menegosiasikan ulang nilai kontrak para pemain.

Barcelona masih bernilai tinggi (Foto: Reuters)

2. Manchester City

Sama seperti PSG, klub asal Kota Manchester ini terbantu dengan akuisisi dari Abu Dhabi United Group pada 2008. Sejak itu, Manchester City perlahan menjelma sebagai kekuatan baru di Liga Inggris. Kini, mereka mulai mencoba menaklukkan Eropa.

Sepanjang satu dekade terakhir, Man City selalu menjadi favorit juara di ajang apa pun, termasuk Liga Champions. Tidak heran, taksiran harga The Citizens mencapai 971,64 juta Euro (setara Rp16,22 triliun). Cukup menarik melihat selisih Barcelona dengan Man City begitu jauh.

1. Liverpool

Perjalanan panjang dan berat yang dilalui Liverpool sepanjang era Liga Primer mulai menemukan puncaknya. Setelah bertahun-tahun hanya puas menjadi bayang-bayang penguasa, mereka kini adalah penguasanya, setidaknya sejak dipegang oleh Jurgen Klopp.

Liverpool kalahkan Man City dalam hal nilai jual

Kunci keberhasilan Liverpool adalah investasi yang jitu di bursa transfer. Para pemain yang didatangkan sesuai dengan kebutuhan Jurgen Klopp, entah itu berharga mahal mau pun miring. Tidak heran, mereka kini mencatatkan prestasi di lapangan dan keuangan.

Liverpool kini ditaksir memiliki nilai 973,35 juta Euro (setara Rp16,25 triliun). Si Merah kini menjadi klub sepakbola paling berharga di dunia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini