Braif Fatari Berlatih di Pantai demi Pertahankan Standar Latihan Timnas Indonesia U-19

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 10 November 2020 16:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 10 51 2307391 braif-fatari-berlatih-di-pantai-demi-pertahankan-standar-latihan-timnas-indonesia-u-19-YjNzGKBPJW.jpg Braif Fatari. (Foto/PSSI)

JAKARTA – Gelandang Persija Jakarta, Braif Fatari memiliki cara tersendiri untuk mempertahankan standar latihan Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19. Dia berlatih di pantai agar fisiknya tetap prima seperti saat mengikuti pemusatan latihan atau training center (TC) skuad Garuda Muda di Kroasia.

Braif menjadi salah satu pemain yang mengikuti TC di Kroasia selama dua bulan, sejak September hingga akhir Oktober 2020 silam. Kini dia kembali dipanggil pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong untuk mengikuti latihan secara virtual.

Foto/PSSI

Menyitir laman Persija, Selasa (10/11/2020) pemain asal Papua itu sedang berusaha keras untuk mempertahankan momentum saat menjalani latihan di Kroasia. Salah satunya ia melakukan aktivitas latihan tambahan di luar agenda pemusatan latihan virtual.

Baca juga: Pemain Harus Percaya Diri saat Ikut Latihan Timnas Indonesia U-19

Latihan dilakukannya agar kondisi fisiknya tetap terjaga. Braif yang diubah posisinya menjadi striker, tahu betul bahwa Shin Tae-yong sangat mengedepankan kekuatan fisik pemain. Braif pun mengaku sering berlatih di pantai dekat rumahnya.

“Pantai memang tak jauh dari rumah saya. Beberapa kali latihan saya menjalani latihan tambahan di pantai. Hal itu saya lakukan bersama kakak saya.Tujuannya agar momentum latihan di Kroasia tetap terjaga,” tuturnya.

Timnas U-19 Indonesia kembali menggelar pemusatan latihan (TC), yang dipimpipn Shin Tae-yong dari negara asalnya, Korea Selatan. Ada 37 pemain yang mengikuti latihan secara virtual dari 5 hingga 15 November.

Persija mengirim lima pemain untuk berlatih bersama Timnas Indonesia U-19. Selain Braif, Persija mengutus Sandi Arta Samosir (gelandang), Salman Alfarid (bek), Alfriyanto Nico Saputro (penyerang) dan Risky Sudirman (kiper).

Latihan sebagai persiapan menghadapi Piala AFC U-19 2020 yang rencananya akan digelar awal 2021 mendatang. Selain itu, Garuda Muda akan berlaga di ajang bergengsi yakni Piala Dunia U-20 yang notabene Indonesia menjadi tuan rumah.

Foto/PSSI

“Kami memulai latihan secara virtual pada Kamis (5//11/2020). Latihan virtual ini sebagai persiapan sebelum kami menjalani latihan di lapangan nantinya. Kami juga memanggil beberapa pemain baru pada latihan secara virtual ini,” kata Shin Tae-yong dilansir situs resmi PSSI.

Setelah latihan secara virtual, Timnas akan kembali menjalani TC di luar negeri. Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan menginginkan TC berlangsung di Belanda atau Jepang. Sementara Tae-yong ingin membawa skuad Garuda Muda ke Korsel. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini