Bukan Gara-Gara Lionel Messi, Ini Penyebab Juventus Kalah dari Barcelona

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 30 Oktober 2020 13:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 30 261 2301569 bukan-gara-gara-lionel-messi-ini-penyebab-juventus-kalah-dari-barcelona-1nAQssVl3M.jpg Lionel Messi bintang di laga Juventus vs Barcelona. (Foto: Laman resmi Barcelona)

TURIN – Mantan salah satu pelatih terbaik dunia, Fabio Capello, mengungkap penyebab Juventus kalah 0-2 dari Barcelona di matchday kedua Grup G Liga Champions 2020-2021, Kamis 29 Oktober 2020 dini hari WIB. Capello menilai ada dua alasan kenapa Juventus takluk dari Barcelona.

Pertama, permainan Juventus terlalu Paulo Dybala sentris yang beroperasi sebagai playmaker. Tiap kali membangun serangan, Adrien Rabiot dan kawan-kawan langsung memberikan bola kepada pemain asal Argentina tersebut, sehingga permainan Juventus lebih mudah terbaca.

Juventus

(Serangan Juventus selalu mengarah ke Dybala)

Padahal beberapa kali, di sektor winger kiri, Federico Chiesa, kerap tidak terkawal. Jika Chiesa mendapat kepercayaan di laga Juventus vs Barcelona, winger berpaspor Italia itu bisa menjadi sosok antagonis bagi pertahanan Barcelona.

Terlebih Federico Chiesa sudah menunjukkan kelasnya ketika Juventus menang 2-0 atas Dynamo Kiev di matchday pertama Grup G Liga Champions 2020-2021. Saat itu, Federico Chiesa berandil besar atas gol pertama Juventus yang dilesakkan Alvaro Morata.

“Skuad Juventus jarang memberi bola kepada Federico Chiesa, padahal ia beberapa kali dalam posisi bebas. Semua permainan Juventus terlalu terkonsentrasi ke Dybala,” kata Capello mengutip dari Barca Blaugranes, Jumat (30/10/2020).

BACA JUGA: Demi Kalahkan Cristiano Ronaldo, Lionel Messi Gila Lari di Laga Juventus vs Barcelona

Faktor kedua penyebab kekalahan Juventus karena pelatih mereka, Andrea Pirlo, kurang kreatif dalam mengembangkan permainan. Akibatnya, permainan Juventus lebih mudah dipatahkan skuad Barcelona asuhan Ronald Koeman.

“Juventus tidak tahu bagaimana membuka permainan. Satu hal yang pasti, Juventus sangat menderita di laga ini. Beruntung, hasilnya hanya 2-0,” lanjut Capello.

Dalam laga ini Lionel Messi bisa dibilang sebagai bintang permainan. La Pulga –julukan Messi– berandil atas dua gol yang dibuat Barcelona dalam laga tersebut.

Lionel Messi

(Messi bintang kemenangan Barcelona atas Juventus)

Lionel Messi memberi assist atas gol pertama Barcelona yang dilesakkan Ousmane Dembele via sepakan kaki kanan di menit 14. Kemudian di masa injury time, gol kedua Barcelona dicetak Lionel Messi via titik putih.

Berkat kemenangan ini, Barcelona kukuh di puncak klasemen Grup G Liga Champions 2020-2021 dengan koleksi enam angka. Barcelona unggul tiga poin dari Juventus di tempat kedua.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini