Tunjuk Belanda sebagai TC Timnas Indonesia U-19 Selanjutnya, Ini Alasan PSSI

Ezha Herdanu, Jurnalis · Rabu 28 Oktober 2020 05:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 28 51 2300622 tunjuk-belanda-sebagai-tc-timnas-indonesia-u-19-selanjutnya-ini-alasan-pssi-hsF5NlgXil.jpg Timnas Indonesia U-19 (Foto: pssi.org)

JAKARTA – Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan, berencana mengirim skuad tim nasional (Timnas) Indonesia U-19 untuk menggelar pemusatan latihan (TC) di Belanda. Iriawan pun menyebut ada beberapa pertimbangan yang membuatnya tertarik menggelar TC bagi Timnas Indonesia U-19 di Belanda.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-19 memang tengah mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk tampil di putaran final Piala Dunia U-20 2021. Maka dari itu segala program pun digembleng PSSI demi meningkatkan level kualitas skuad Timnas Indonesia U-19.

Salah satu cara yang dilakukan PSSI adalah mengadakan TC bagi Timnas Indonesia U-19. Bahkan dalam dua bulan terakhir, Witan Sulaeman dan kawan-kawan menjalani pemusatan latihan di Kroasia dengan menjalani 11 pertandingan.

Timnas Indonesia U-19

Hasilnya pun cukup menjanjikan, lantaran skuad Garuda Nusantara –julukan Timnas Indonesia U-19– berhasil meraih lima kemenangan. Sementara enam pertandingan lainnya berakhir dengan tiga kali imbang dan kalah.

Baca Juga: Shin Tae-yong Bakal Rombak Susunan Pemain Timnas Indonesia U-19 

PSSI pun berencana kembali menggelar TC bagi Timnas Indonesia U-19 di luar negeri. Belanda pun menjadi salah satu negara yang masuk dalam pertimbangan PSSI sebagai tempat pemusatan latihan anak asuh Shin Tae-yong tersebut.

Iriawan menjelaskan mengapa PSSI menjadikan Belanda sebagai salah satu negara yang akan dijadikan tempat TC bagi Timnas Indonesia U-19. Iriawan menjelaskan bahwa ketersediaan sarana yang bagus serta adanya tim-tim berkelas sebagai lawan uji coba Timnas Indonesia U-19 sebagai faktor utamanya.

“Rencana kami tadinya menggelar mini turnamen, namun karena situasi pandemi gelombang kedua virs Corona jadi dibatalkan. Jadi, kami cari opsi lain,” jelas Iriawan ketika menyambut kepulangan Timnas Indonesia U-19 dari TC di Kroasia.

“Kenapa kami memilih Belanda (sebagai tempat TC Timnas Indonesia U-19 selanjutnya)? Di sana banyak tim bagus dan mereka juga rangking dua FIFA. Kedua, di sana banyak pemain berdarah Indonesia, jadi bisa sekalian,” sambungnya.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-19 Lanjutkan TC di Belanda atau Jepang 

“Siap tahu ada, karena saya sendiri tidak ikut campur. Kami menyerahkan apapun yang berkaitan dengan pemain kepada pelatih Shin Tae-yong dan juga Direktur Teknis, Indra Sjafri.”

“Maka dari itu rencanakan ke sana tapi di dalam road map yang ada tanggal 24 urusan visa ke Belanda tapi harus ada korespondensi dulu. Harus ada izin dari federasi sana dan pemerintah sana,” tuntas pria berusia 58 tahun tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini