Timnas Indonesia U-19 Lanjutkan TC di Belanda atau Jepang

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 28 Oktober 2020 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 28 51 2300585 timnas-indonesia-u-19-lanjutkan-tc-di-belanda-atau-jepang-X63tI1zRkh.jpg Timnas Indonesia U-19 berlatih di Kroasia (Foto: PSSI)

JAKARTA – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memastikan rencana pemusatan latihan (TC) lanjutan untuk Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 terus berjalan. Mengenai lokasi, ada dua alternatif, yakni Belanda dan Jepang.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-19 baru saja kembali dari TC selama sebulan lebih di Kroasia. Anak asuh Shin Tae-yong tiba di Jakarta pada Selasa 27 Oktober 2020 malam WIB. Mereka langsung disambut oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta Selatan.

Selama berada di Kroasia, Timnas Indonesia U-19 menjalani sebelas laga uji coba pada awal September hingga pekan ketiga Oktober 2020. Peningkatan yang dialami skuad Garuda Nusantara selama TC mendapat tanggapan positif dari federasi.

Baca juga: Kesan Jack Brown Ikuti TC Timnas Indonesia U-19 di Kroasia

Infografis Timnas Indonesia U-19

Melihat adanya progres positif tersebut, PSSI berencana melanjutkan TC bagi Timnas Indonesia U-19 ke luar negeri. Benua Eropa kembali menjadi tujuan. Kali ini, target utamanya adalah Belanda. Jika tidak bisa di Negeri Tulip, maka tujuan dialihkan ke Jepang.

“Jadi, mungkin keinginan kami memberangkatkan ke Eropa lagi. Paling tidak jika Eropa belum bisa mungkin ke Jepang, kira-kira Jepang atau Belanda,” ujar Mochamad Iriawan dalam jumpa pers di Hotel Fairmont, Rabu (28/10/2020).

“Kami cukup bangga dengan penampilan mereka meski pun dalam TC, tetapi performa sudah bagus dan manfaatnya TC banyak sekali,” lanjut pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Tentu saja, menggelar TC di luar negeri tidak bisa sembarangan. Sebab, banyak hal yang perlu diurus seperti visa dan korespondensi dengan federasi dan pemerintah dari negara tujuan. Kendati sulit, rencana itu akan tetap dilakukan.

“Kita rencanakan ke sana (Belanda). Dalam road map yang ada tanggal 24 (Oktober) itu untuk urusan visa ke Belanda tapi harus ada korespondensi dulu. Harus ada izin dari federasi sana dan pemerintah sana,” lanjut Iwan Bule.

Sebetulnya, PSSI berencana menggelar TC selanjutnya di Prancis. Sayangnya, rencana itu terhambat dengan adanya gelombang kedua kasus Covid-19 di negara tersebut. Peningkatan tersebut membuat otoritas setempat membatasi kedatangan dari luar negeri.

Pemilihan Belanda sebagai lokasi TC berikutnya tidak terlepas dari kehadiran para pemain keturunan Indonesia. Bak pepatah sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, PSSI ingin pemusatan latihan di Belanda sekaligus dipakai untuk menggaet pemain-pemain tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini