Cristiano Ronaldo Pergi, Lionel Messi Justru Kesulitan di El Clasico

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2020 13:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 51 2299609 cristiano-ronaldo-pergi-lionel-messi-justru-kesulitan-di-el-clasico-dMrjthMI52.jpg Lionel Messi sedang mandul di laga El Clasico. (Foto: Laman resmi Barcelona)

LIONEL Messi (Barcelona) dikenal sebagai raja gol El Clasico yang mempertemukan Barcelona vs Real Madrid. Dalam 44 pertandingan di semua kompetisi pada laga bertajuk El Clasico, Lionel Messi mengemas 26 gol dan 14 assist.

Rentang tertajam Lionel Messi tercipta dari 2009-2018 atau ketika La Pulga –julukan Messi– berkompetisi langsung dengan sang rival abadi, Cristiano Ronaldo. Sekadar informasi, dalam kurun tersebut Cristiano Ronaldo membela Real Madrid yang notabene rival abadi Barcelona.

Cristiano Ronaldo

(Rivalitas Ronaldo dan Messi di El Clasico tersaji dari 2009 hingga 2018)

Dalam kurun sembilan musim di atas, Messi mengemas 20 gol dan 11 assist. Sementara itu, sisa enam gol dan tiga assist lainnya dibuat Messi dari 2004 hingga 2009. Hal itu berarti, tidak ada gol maupun assist yang dibuat Messi selepas musim panas 2018.

Hal itu berarti, Messi tak kunjung mencetak gol maupun assist selepas Cristiano Ronaldo pindah ke Juventus pada musim panas 2018. Logikanya, kepergian Cristiano Ronaldo dapat mempermudah Lionel Messi menghancurkan pertahanan Madrid.

Sayangnya, sepakbola tak bisa diukur logika sehingga Lionel Messi gagal membobol gawang Madrid. Semenjak Cristiano Ronaldo pindah dari Los Blancos –julukan Madrid– ke Juventus, Lionel Messi empat kali menghadapi Real Madrid di Liga Spanyol.

BACA JUGA: Begini Ekspresi Kecewa Lionel Messi saat Barcelona Dilibas Real Madrid

Dari empat laga itu, Lionel Messi selalu turun sebagai starter dan mentas full 90 menit. Tidak hanya mandul, mandeknya kualitas Messi juga berefek kepada hasil yang didapat Barcelona.

Dalam empat pertandingan itu, Barcelona hanya mendapatkan satu menang, satu imbang dan satu kalah. Terbaru, Barcelona kalah 1-3 dari Madrid di laga pekan ketujuh Liga Spanyol 2020-2021, Sabtu 24 Oktober 2020 malam WIB.

Lionel Messi

(Ekspresi kecewa Messi saat Barcelona kalah 1-3 dari Madrid)

Ironisnya, laga kontra Madrid pada Sabtu 24 Oktober 2020 disebut-sebut sebagai pertandingan El Clasico terakhir yang dilakoni Messi di Estadio Camp Nou. Sebab, pada musim panas 2021 Messi diberitakan akan membelot ke klub asal Inggris, Manchester City.

Ada sejumlah faktor yang membuat Messi tertarik melanjutkan karier bersama Manchester City. Di sana terdapat dua sahabatnya yakni Josep Guardiola (pelatih) dan Sergio Aguero (penyerang).

Meski begitu, Messi tetap bisa meninggalkan Barcelona dengan kepala tegak. Sebab, hingga kini Messi tercatat sebagai top skor sepanjang masa Barcelona dan juga pengoleksi trofi terbanyak bagi Blaugrana –julukan Barcelona.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini