Pemain Keturunan Bikin Persaingan di Lini Tengah Timnas Indonesia Semakin Panas

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2020 02:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 51 2299417 pemain-keturunan-bikin-persaingan-di-lini-tengah-timnas-indonesia-semakin-panas-XESRzUtQYn.jpg Kelana Noah Mahessa (Foto: PSSI)

TIMNAS Indonesia U-19 baru saja menyelesaikan pemusatan latihan (TC) di Kroasia yang dipimpin langsung oleh pelatih kepala, Shin Tae-yong. Selama TC tersebut, sejumlah nama pemain pun menyeruak dan menjadi bahan perbincangan.

Jika melihat dari kondisi yang ada sekarang ini, Timnas Indonesia U-19 nampaknya memiliki deretan gelandang potensial. Sebut saja nama-nama seperti Witan Sualeman, Beckham Putra Nugraha, David Maulana, Brylian Aldama, Irfan Jauhari, Supriadi, hingga Mohammad Kanu.

Nama-nama tersebut kerap diperbincangkan dan digadang-gadang bakal menjadi pemain andalan Timnas Indonesia di masa depan. Sebab, mereka telah membuktikan diri mampu menampilkan performa apik di atas lapangan.

Baca juga: Kesan David Maulana dan Witan Sulaeman Selama Jalani TC Timnas U-19 di Kroasia

David Maulana

Kendati demikian, tak berhenti sampai di situ. Nyatanya terdapat sejumlah pemain keturunan yang juga memiliki kualitas apik di sektor gelandang. Hal ini tentunya akan membuat persaingan memperebutkan posisi di lini tengah menjadi semakin panas.

Shin Tae-yong sendiri sangat membuka pintu bagi para pemain keturunan untuk bergabung ke dalam skuadnya. Sebab, ia menilai para pemain tersebut akan mampu meningkatkan kualitas tim secara keseluruhan. Meski begitu, Shin Tae-yong hanya akan memilih mereka yang berkualitas.

“Dalam pencarian pemain keturunan kami dibantu PSSI, tim pelatih dan ofisial timnas U-19. Kami sudah mempunyai data beberapa nama pemain dan sudah melakukan pembicaraan ke sejumlah pemain keturunan," ujar Shin Tae-yong seperti dilansir dari laman resmi PSSI.

“Pemain kami lihat dari curriculum vitae (CV), administrasi, analisa video dan setelah itu kami datangkan saat menjalani pemusatan latihan (TC) untuk melihat kualitasnya secara langsung,” lanjut mantan pelatih Timnas Korea Selatan tersebut.

Selama menjalani TC di Kroasia, Shin Tae-yong telah memanggil beberapa nama pemain keturunan. Di posisi gelandang misalnya terdapat Jack Brown dan Kelana Mahessa. Keduanya saat ini merumput di Eropa. Jack Brown bersama Lincoln City, sedangkan Kelana membela Bonner SC.

Jack Brown (tengah)

Selain kedua nama tersebut, sebenarnya ada beberapa pemain kuturnan lainnya yang juga memiliki potensi untuk mengisi lini tengan Tim Garuda. Mereka adalah Jayden Houtriet, Gilles Joannes, dan Jay Idzes.

Semakin bertambahnya pemain berkualitas tentunya diharapkan akan membuat Timnas Indonesia menjadi lebih baik. Kini, para pemain lokal pun dituntut untuk berusaha lebih giat lagi guna mengarungi persaingan memperebutkan posisi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini