Kesan David Maulana dan Witan Sulaeman Selama Jalani TC Timnas U-19 di Kroasia

Ramdani Bur, Jurnalis · Minggu 25 Oktober 2020 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 25 51 2299375 kesan-david-maulana-dan-witan-sulaeman-selama-jalani-tc-timnas-u-19-di-kroasia-4TzFmV88Iy.jpg Kapten Timnas Indonesia U-19, David Maulana. (Foto: PSSI)

SPLIT – Kapten Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, David Maulana, mengaku mendapatkan banyak pengalaman berharga selama menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia. Dalam pandangan gelandang Barito Putera ini, skuad Timnas Indonesia U-19 tampil lebih kompak selama berada di Negeri Vatreni tersebut.

Perkembangan Timnas Indonesia U-19 selama berada di Kroasia memang cukup pesat. Di masa-masa awal menjalani pemusatan latihan di sana, permainan tanpa arah ditunjukkan skuad asuhan Shin Tae-yong, tepatnya saat menghadapi Bulgaria dan Kroasia.

Timnas Indonesia U-19

Hasilnya, skuad Garuda Nusantara tumbang 0-3 dari Bulgaria serta dihajar Kroasia 1-7. Namun, memasuki partai ketiga, perbaikan hasil didapat Timnas Indonesia U-19.

Saat itu David Maulana menahan juara bertahan Piala Asia U-19, Arab Saudi, dengan skor 3-3. Padahal, saat itu Timnas Indonesia U-19 sempat tertinggal 0-3 dari sang lawan.

Setelah itu, kemenangan akrab dengan pasukan Timnas Indonesia U-19. Pascakontra Arab Saudi, Timnas Indonesia U-19 melakoni delapan pertandingan versus Qatar (dua kali), Bosnia, Dinamo Zagreb, NK Dugopolje, Makedonia Utara (dua kali) dan Hajduk Split.

BACA JUGA: Timnas Indonesia U-19 Batal Mengikuti Turnamen Toulon

Hasilnya Timnas Indonesia U-19 menang lima kali, imbang dua kali dan hanya sekali kalah. Hal itu menunjukkan perkembangan pesat Timnas Indonesia U-19.

"Alhamdulillah kami sudah menjalani dua bulan kami menjalani TC di Kroasia. Banyak manfaat, pengalaman dan pelajaran yang kami dapatkan disini. Kami rasa tim semakin kompak, solid dan matang," kata David Maulana mengutip dari laman resmi PSSI, Minggu (25/10/2020).

Hal yang sama juga diungkapkan top skor Timnas Indonesia U-19 selama di Kroasia, Witan Sulaeman. Meski begitu, Witan Sulaeman mengaku masih ada beberapa yang mesti diperbaiki dari Timnas Indonesia U-19.

Witan Sulaeman

(Witan Sulaeman, top skor Timnas Indonesia U-19 di Kroasia)

"Pelatih memberikan kami banyak materi latihan dan kami selalu fokus untuk mengikuti arahannya. Meski begitu kami masih ada kekurangan dan evaluasi untuk tim. Untuk itu, kami harus cepat perbaiki dan selalu bekerja keras," kata Witan yang kembali ke klub asalnya, Radnik Surdulica pada Minggu (25/10/2020).

Rencananya, skuad Timnas Indonesia U-19 akan pulang dari Kroasia ke Indonesia pada Senin 26 Oktober 2020 malam waktu setempat. Setelahnya, David Maulana dan kawan-kawan dikembalikan ke klub masing-masing hingga TC lanjutan pada bulan depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini