Timnas Futsal Indonesia Tetap Jalani TC demi Lolos ke Piala Dunia 2021

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 23 Oktober 2020 13:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 23 51 2298315 timnas-futsal-indonesia-tetap-jalani-tc-demi-lolos-ke-piala-dunia-2021-fXoykf9mqj.jpg Timnas Futsal Indonesia (Foto: PSSI)

SURABAYA – Timnas Futsal Indonesia saat ini sedang melakukan pemusatan latihan (TC) di Surabaya. Hal ini dilakukan guna mempersiapkan diri jelang dimulainya Piala Asia Futsal 2020.

Piala Asia Futsal 2020 sendiri seharusnya pada 2-13 Desember mendatang. Akan tetapi, turnamen tersebut harus diundur ke tahun depan karena maraknya kasus Virus Corona (Covid-19).

Meski begitu, hal ini tak menghalangi langkah Timnas Futsal Indonesia untuk tetap melakukan TC yang sudah diagendakan. Ini telah dikonfirmasi langsung oleh Sekjen Federasi Futsal Indonesia (FFI), Edhie Prasetyo.

Baca juga: Selain Bagus Kahfi, Pemain Ini Bisa Jadi Pertimbangan Shin Tae-yong Masuk Timnas Indonesia U-19

Timnas Futsal Indonesia

Terlebih Timnas Futsal Indonesia telah absen berkegiatan selama tujuh bulan lamanya karena pandemi Corona. Maka dari itu, TC ini dianggap sebagai sarana yang tepat untuk membentuk lagi performa tim jelang menghadapi turnamen besar.

Dalam gelaran Piala Asia Futsal 2020, Indonesia sejatinya tergabung di C bersama Uzbekistan, China, dan Bahrain. Nantinya, hanya dua tim teratas di fase grup yang berhak melaju ke babak perempatfinal.

Indonesia sendiri cukup difavoritkan untuk bisa lolos dari fase grup. Karena, jika dilihat dari segi peringkat, Tim Garuda masih lebih tinggi ketimbang China dan Bahrain.

Saat ini Timnas Futsal Indonesia berada di urutan ke-50 dunia. Sedangkan China di posisi ke-75 dan Bahrain ke-86. Adapun Uzbekistan berada di posisi yang lebih tinggi dari Indonesia, yakni ke-26.

Nantinya, lima besar Piala Asia Futsal 2020 akan mendapat tiket untuk berlaga di Piala Dunia Futsal 2021 di Lithuania. Hal inilah yang menjadi target Indonesia untuk dicapai.

Timnas Futsal Indonesia

Manajer Timnas Futsal Indonesia, Dimas Bagus Agung Kurniawan, menerangkan bahwa saat ini tim tengah berfokus dalam TC guna mewujudkan target tersebut. Ia pun meminta segenap masyarakat Indonesia untuk percaya bahwa Tim Garuda bisa berlaga di ajang prestisius sekelas Piala Dunia.

"Luar biasa, setelah tidur pulas 7 bulan di masa pandemi ini. Semoga kita tetap fokus. Semua harus punya keyakinan bisa ikut meloloskan Indonesia ke Piala Dunia 2021 Lithuania. Buat cerita anak dan cucu," ujar Dimas, seperti dikutip dari Instagram Federasi Futsal Indonesia, Jumat (23/10/2020).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini