Tak Ada Upacara Pembukaan dan Penutupan di Piala Dunia U-20 2021, Kenapa?

Dita Angga R, Jurnalis · Selasa 20 Oktober 2020 13:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 20 51 2296568 tak-ada-upacara-pembukaan-dan-penutupan-di-piala-dunia-u-20-2021-kenapa-6Ff80h653f.jpg Timnas Indonesia U-19 akan tampil di Piala Dunia U-20 2021. (Foto: PSSI)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhajir Effendy, memastikan dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 tidak akan ada upacara pembukaan maupun penutupan. Dia mengatakan hal ini sesuai dengan standar yang ditetapkan FIFA.

Seperti diketahui, Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 yang digelar pada 20 Mei hingga 21 Juni 2021. Piala Dunia U-20 2021 digelar di enam kota yakni Jakarta, Bandung, Surabaya Palembang, Solo dan Bali.

“Kemudian yang terakhir pesan dari pak presiden tadi menyampaikan bahwa sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh FIFA, bahwa untuk upacara, gebyar opening dan closing ceremony, kita tidak ada acara yang digelar seperti waktu kita melaksanakan Asian Games,” katanya seusai rapat terbatas, Selasa (20/10/2020).

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyebutkan tidak adanya acara pembukaan ini bukan disebabkan karena covid-19. Zainudin mengatakan Piala Dunia U-20 memang berbeda dari Asian Games, di mana sudah menjadi standar FIFA pembukaan event Piala Dunia U-20 hanya ditandai dengan dimulainya pertandingan hari pertama.

Asian Games

(Suasana upacara pembukaan Asian Games 2018. Foto: Arif Julianto/Okezone)

“Nah dari FIFA sendiri pembukaan itu dimaknai dengan pertandingan hari pertama. Maka untuk memulai kita diberikan alokasi waktu yang terbatas. Paling itu speech-nya dari pemerintah dan FIFA saja. Dan itu sekitar 5, paling banyak sampai 8 menit. Karena memang kebiasaan untuk yang U2-0 ini, ya pertandingan itulah pembukaan, pertandingan pertamanya,” ungkapnya

BACA JUGA: Jokowi Pastikan Protokol Kesehatan yang Ketat di Piala Dunia U-20 2021

Terkait dengan hal ini, dia mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengikuti apa yang ditetapkan FIFA.

“Dan akhirnya bapak presiden memutuskan untuk kalau begitu kita ikuti saja apa yang diarahkan oleh FIFA,” ujarnya.

SUGBK

(SUGBK salah satu venue Piala Dunia U-20 2021)

Politikus Partai Golkar ini tadinya berharap ada upacara pembukaan sebelum pertandingan hari pertama digelar. Namun, belum diizinkan karena dikhawatirkan akan merusak rumput.

“Tadinya kita berharap, saya menyampaikan kalau pertandingan mulai jam 7, kita bisa jam 4 sore. Tapi dikhawatirkan rumput, walaupun kita akan pakai alas dan lain sebagainya, sebagaimana waktu Asian Games tetap belum diijznkan,” tuturnya.

“Jadi kita ikut saja. Sehingga pemerintah menyampaikan tadi dalam rapat ya sudah kalau hanya seperti itu berarti isinya hanya membuka secara speech saja. Tidak ada atraksi apa pun,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini