Derby Merseyside Penuh Drama, Liverpool Gagal Kalahkan Everton

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Sabtu 17 Oktober 2020 20:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 17 45 2295300 derby-merseyside-penuh-drama-liverpool-gagal-kalahkan-everton-QO50leUOaT.jpg Suasana laga Everton vs Liverpool. (Foto: Twitter/premierleague)

LIVERPOOL - Liverpool harus puas hanya bisa membawa pulang satu poin dari Goodison Park karena ditahan Everton 2-2 pada Sabtu (17/10/2020) malam WIB. Dalam laga lanjutan Liga Inggris 2020-2021 itu, Liverpool beberapa kali unggul terlebih dahulu, namun Everton nyatanya sanggup menyamai kedudukan dan membuat laga derby Merseyside berakhir imbang.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Liverpool sebenarnya mengawali derby Merseyside itu dengan sangat baik. Bagaimana tidak, ketika laga baru berjalan tiga menit, Liverpool nyatanya sanggup untuk langsung unggul atas rival sekota mereka tersebut.

Sadio Mane berhasil memanfaatkan lemahnya pertahanan Everton di awal pertandingan. Winger andalan Liverpool tersebut mencetak gol usai mendapatkan umpan yang sangat baik dari Andrew Robertson.

Keunggulan 1-0 di awal membuat permainan Liverpool semakin membaik. Mereka terlihat semakin percaya diri menyerang hingga akhirnya beberapa peluang pun berhasil tercipta. Sayangnya, buruknya penyelesain akhir membuat klub asuhan Jurgen Klopp itu masih kesulitan mencetak gol kedua mereka.

Everton vs Liverpool

Ketika saling jual beli serangan terjadi, Everton tiba-tiba berhasil unggul di menit ke-19. Melalui sepak pojok yang diambil oleh James Rodriguez, Michael Keane yang langsung menanduk operan mantan pemain Real Madrid tersebut ternyata membuat bola tepat ke arah gawang.

Kiper Liverpool, Adrian San Miguel sebenarnya sudah mencoba untuk mengantisipasi sundulan Keane. Namun tepisan Adrian masih kurang kuat sehingga bola tetap mengarah ke gawang meski sempat mengenai tangan kiper kedua Liverpool tersebut.

Dalam waktu 25 menit selanjutnya, kedua tim terus saling tebar ancaman. Namun, pada akhirnya babak pertama pun tetap berakhir dengan skor 1-1.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Liverpool mencoba untuk bangkit. Skuad asuhan Klopp tersebut pun langsung berinisiatif melakukan penyerangan di awal babak kedua tersebut.

Selama kurang lebih 20 menit babak kedua berjalan, masih tak ada gol yang tercipta. Baik Liverpool dan Everton sama-sama memperlihatkan pertahanan yang cukup baik. Namun, semua itu tak berlangsung lama.

Sebab pada menit ke-72, Mohamed Salah berhasil membawa Liverpool unggul kembali. Gol ke-100 Salah selama berseragam Liverpool itu lantas menjadi semakin spesial karena ia menciptakan di momen yang benar-benar krusial.

Everton vs Liverpool

Sayang, kemeriahan Liverpool itu hanya berlangsung sembilan menit saja. Sebab di menit ke-81, Everton mampu mengimbangi papan skor menjadi 2-2 berkat sundulan Dominic Calvert-Lewin yang meneruskan umpan dari Lucas Digne.

Gol Lewin membuat Everton bermain lebih semangat lagi. Kendati, Everton justru harus kehilanagan satu pemain penting mereka di menit-menit akhir. Adalah Richarlison yang keluar lebih cepat dari pertandingan dikarenakan mendapatkan kartu merah.

Unggul pemain di menit akhir itu lantas dimanfaatkan Liverpool dengan baik. Di menit 90+2, Jordan Henderson secara luar biasa mencetak gol penyelamat untuk Liverpool. Namun, tak lama Video Assistant Referee (VAR) menyatakan gol itu tidak sah karena sudah offside.

Alhasil laga derby Merseyside itu berakhir dengan skor 2-2.

Berikut Susunan Pemain:

EVERTON (4-3-3): Jordan Pickford; Seamus Coleman, Yerry Mina, Michael Keane, Lucas Digne; Abdoulaye Doucoure, Allan, Andre Gomes; James Rodriguez, Dominic Calvert-Lewin, Richarlison.

EVERTON SUBS: Fabian Delph, Gylfi Sigurdsson, Alex Iwobi, Bernard, Ben Godfrey, Tom Davies, Robin Olsen.

LIVERPOOL (4-3-3): Adrian; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Jordan Henderson, Fabinho, Thiago Alcantara; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane.

LIVERPOOL SUBS: Georginio Wijnaldum, James Milner, Joe Gomez, Curtis Jones, Takumi Minamino, Diogo Jota, Caoimhin Kelleher.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini