Sudah Dikritik di Barcelona, De Jong Kena Teguran Juga saat Tampil di Belanda

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 14 Oktober 2020 22:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 14 51 2293803 sudah-dikritik-di-barcelona-de-jong-kena-teguran-juga-saat-tampil-di-belanda-YjCbR5pDL9.jpg Frenkie de Jong saat membela Timnas Belanda. (Foto: Twitter/DeJongFrenkie21)

AMSTERAM – Frenkie de Jong tampaknya memulai musim 2020-2021 dengan langkah kaki yang kurang tepat. Ia mendapatkan begitu banyak kritikan ketika tampil bersama Barcelona di musim yang baru itu dan kali ini De Jong pun kena teguran saat tampil bersama Tim Nasional (Timnas Belanda).

De Jong tercatat sudah bermain di tiga pertandingan awal Barcelona di La Liga Spanyol 2020-2021. Permainannya pun bisa dikatakan biasa-biasa saja tanpa ada hal yang istimewa. Bahkan sempat permainan De Jong dikritik oleh pelatih Barcelona, Ronald Koeman.

Baca Juga: Belanda Gagal Taklukkan Bosnia, Frenkie De Jong: Kami Terlalu Ceroboh

Frenkie de Jong

Kritikan pun datang lagi kepadanya disaat De Jong sedang membela Timnas Belanda di jeda internasional kali ini. Kritikan itu datang dari mantan penggawa Timnas Belanda, yakni Rafael van der Vaart.

Van der Vaarr menilai De Jong tampil kurang baik ketika bermain di laga Bosnia vs Belanda. De Jong yang mendapatkan kepercayaan untuk bermain penuh alias 90 menit, justru gagal mengeluarkan permainan terbaiknya.

Malahan Van der Vaart merasa permainan De Jong benar-benar buruk. Sebab ia melihat De Jong bermain ketakutan lantaran tak berani meciptakan peluang meski sudah berada di dekat gawang lawan.

“Frenkie De Jong bahka tak pernah memikirkan untuk menembakkan bola ke aragh gawang. Seolah-olah dia tidak menyukai permaina tersebut,” kata Van der Vaart, dikutip dari Marca, Rabu (14/10/20200.

Tentunya kritikan tajam yang mengarah kepada De Jong tak hanya datang dari Van der Vaart seorang saja. Banyak pandit sepabola yang merasa De Jong mengalami penurunan performa. Koeman pun menyadaril hal tersebut.

Frenkie de Jong

Koeman sempat mengatakan bahwa De Jong sekarang kerap kali bermain dengan tingkat fokus yang kurang maksimal. Sebab Koeman menilai De Jong acap kali kehilangan bola di momen-momen yang harusnya ia tak mudah untuk melakukan hal tersebut.

"Dia tahu dia kehilangan terlalu banyak bola (ketika pertandingan berlangsung). Dia kehilangan bola di situasi hal yang seharusnya dia dengan tidak mudahnya melepaskan bola tersebut,” imbuh pelatih anyar Barcelona tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini