Elkan Baggott Sebut Fisik Masih Jadi Momok untuk Timnas Indonesia U-19

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 13 Oktober 2020 22:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 51 2293188 elkan-baggott-sebut-fisik-masih-jadi-momok-untuk-timnas-indonesia-u-19-VURrCY1PW7.jpg Elkan Baggott (Foto: Twitter/@PSSI)

SPLIT Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 menang telak 4-1 atas Makedonia Utara dalam pertandingan uji coba di Stadion NK Junak Sinj, Split, Minggu 11 Oktober 2020, malam WIB. Akan tetapi, Elkan Baggot menilai Timnas Indonesia masih punya kekurangan yang harus diperbaiki.

Elkan Baggott menilai kekurangan Timnas Indonesia U-19 adalah fisik. Kekurangan itu tampak ketika Garuda Nusantara –julukan Timnas Indonesia U-19– melawan Makedonia Utara.

Timnas Indonesia U-19 (Foto: PSSI)

Timnas Indonesia U-19 memulai pertandingan tersebut dengan sangat baik. Elkan Baggott dan kawan-kawan mampu unggul lebih dulu pada menit ke-12 melalui aksi Witan Sulaeman. Garuda Nusantara pun berusaha untuk menambah keunggulan.

Namun, alur pertandingan justru berubah jelang babak pertama berakhir. Timnas Indonesia U-19 mulai kesulitan mengimbangi permainan lawan karena stamina yang menurun. Beruntung bagi Timnas Indonesia U-19 karena keunggulan mereka tidak hilang hingga babak pertama selesai.

BACA JUGA: Shin Tae-yong Tantang Jack Brown Tampil Lebih Baik untuk Timnas Indonesia U-19

Timnas Indonesia U-19 sayangnya memulai babak kedua dengan buruk. Dimitar Todorovski membawa Makedonia Utara menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui titik putih pada menit ke-48. Penalti itu adalah buah pelanggaran Amiruddin Bagas Kaffa semenit sebelumnya.

Kendati demikian, Timnas Indonesia U-19 mampu mengembalikan keunggulan mereka pada menit ke-58 berkat aksi Jack Brown. Gol Jack Brown berawal dari sepak pojok Witan Sulaeman yang menimbulkan kemelut di muka gawang Makedonia Utara. Pemain keturunan Inggris itu memanfaatkan situasi tersebut untuk mencatatkan namanya di papan skor.

Jack Brown kembali unjuk gigi 11 menit berselang dengan gol keduanya. Jack Brown membobol gawang Makedonia Utara dengan memaksimalkan umpan silang Amiruddin Bagas Kaffa. Kemenangan Timnas Indonesia ditutup gol Irfan Jauhari pada menit ke-83.

Kemenangan itu bagus untuk Timnas Indonesia U-19, tetapi berbagai kekurangan, seperti masalah fisik juga harus dibenahi. Elkan Baggot menilai para pemain Timnas Indonesia U-19 bisa meningkat kondisi fisik mereka lebih baik ketimbang sekarang.

BACA JUGA: Bahagianya Elkan Baggott Jalani Debut Bareng Timnas Indonesia U-19

“Saya pikir kekurangan kami memang berada di fisik. Sekarang saatnya untuk mulai mencari cara agar tidak ada lagi kekurangan itu di tim ini. Jika itu teratasi, kami akan mendapatkan hasil bagus di Piala Dunia U-20, begitu juga di Piala Asia U-19. Saya pikir kami bisa memenangkan laga (di dua kompetisi) itu,” kata Elkan Baggott di YouTube resmi PSSI, Selasa (13/10/2020).

Timnas Indonesia U-19 akan kembali melawan Makedonia Utara di Stadion NK Uskok Klis, Split, Rabu 14 Oktober 2020, malam WIB. Meski menang pada pertandingan sebelumnya, Timnas Indonesia U-19 harus tetap tampil maksimal agar tidak kalah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini