Kacau! Man United dan Liverpool Ingin Kontestan Liga Inggris Dikurangi dan Community Shield Dihapus

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 12 Oktober 2020 09:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 12 45 2292068 kacau-man-united-dan-liverpool-ingin-kontestan-liga-inggris-dikurangi-dan-community-shield-dihapus-Affw29DGJn.jpg Liverpool ingin jumlah kontestan Liga Inggris dikurangi. (Foto: Twitter/@andrewrobrtso5)

MANCHESTER – Dua klub tersukses dalam sejarah Liga Inggris, Manchester United dan Liverpool, ingin membuat gebrakan. Mengajukan proposal dengan judul “Project Big Picture”, ada sejumlah aturan di persepakbolaan Inggris yang ingin diubah dua klub teras tersebut.

Menurut laporan Daily Telegraph, Man United dan Liverpool ingin mengurangi jumlah kontestan Premier League, dari yang awalnya 20 menjadi 18 klub. Alasan pengurangan jumlah kontestan demi memenuhi azas efisiensi.

Manchester United

(Man United saat tampil di Piala Liga Inggris 2020-2021)

Sekadar informasi, klub-klub Inggris diliputi jadwal padat di setiap musimnya, terutama yang tampil di kompetisi antarklub Eropa. Sebab, mereka diharuskan tampil di Liga Inggris, Piala FA, Piala Liga Inggris dan Liga Champions/Liga Eropa.

Karena itu, jika jumlah kontestan dikurangi, setidaknya dapat memberi napas kepada klub untuk memiliki waktu istirahat sedikit lebih banyak ketimbang sebelumnya. Lantas, bagaimana skema promosi-degradasi jika di setiap musimnya hanya diikuti 18 kontestan?

Nantinya, tim penghuni 17 dan 18 klasemen dipastikan degradasi. Sementara itu, tim peringkat 16 akan menjalani playoff kontra pemenang playoff di Divisi Championship.

BACA JUGA: Serang Balik Monchi, Cara Solskjaer Supaya Tak Dipecat Man United?

Seperti biasa, tim yang finis di posisi satu dan dua Divisi Championship diizinkan promosi ke Premier League. Kemudian tim peringkat tiga, empat, lima dan enam menjalani playoff. Tim pemenang akan menghadapi tim peringkat 16 di Liga Inggris demi memperebutkan tempat di Liga Inggris.

Selain pengurangan jumlah kontestan, proposal Project Big Picture juga berencana menghapus ajang Community Shield, turnamen pembuka musim yang mempertemukan juara Liga Inggris dan Piala FA musim sebelumya.

Liverpool

(Liverpool juara Liga Inggris 2019-2020)

Tidak sampai di situ, Liverpool dan Man United juga mendorong agar turnamen Piala Liga Inggris hanya diikuti tim-tim yang tidak tampil di kompetisi antarklub Eropa. Karena itu, Man United dan Liverpool yang rutin tampil di kompetisi antarklub Eropa otomatis takkan tampil di ajang ini.

Karena itu, menarik menanti respons FA setelah mendengar pengajuan proposal di atas. Satu hal yang pasti, FA takkan langsung menginyakan proposal tersebut.

Sebab, ada banyak hal yang dipertimbangkan sebelum mengambil keputusan. Terlebih pengurangan jumlah kontestan dapat berimbas kepada jumlah penurunan pendapatan hak siar televisi, mengingat jumlah pertandingan menjadi lebih sedikit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini