Timnas Indonesia U-19 Hajar Makedonia Utara 4-1

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 11 Oktober 2020 21:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 11 51 2291976 timnas-indonesia-u-19-hajar-makedonia-utara-4-1-22DoY3DtZF.jpg Timnas Indonesia U-19 menang telak 4-1 (Foto: PSSI)

SPLIT – Kemenangan telak berhasil diraih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 atas Makedonia Utara dengan skor 4-1 di Stadion NK Junak Sinj, Split, Kroasia, Minggu (11/10/2020) WIB. Keempat gol skuad Garuda Nusantara dihasilkan Witan Sulaeman (12’), Jack Brown (58’, 69’), dan Irfan Jauhari (83’).

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Anak asuh Shin Tae-yong langsung menggebrak sejak awal babak pertama. Inisiatif itu membuahkan peluang cepat pada menit empat. Sundulan Saddam Gaffar hampir membuka skor. Sayangnya, bola masih menyamping.

Lima menit kemudian, giliran tembakan David Maulana dari luar kotak penalti yang masih bisa ditangkap kiper. Bangunan serangan Timnas Indonesia U-19 terlihat semakin rapi. Peluang itu tidak terlepas dari pergerakan Pratama Arhan di sisi kiri.

Baca juga: Witan Sulaeman Antar Timnas Indonesia U-19 Ungguli Makedonia Utara 1-0

Skor berubah 1-0 pada menit 12 berkat tembakan Witan Sulaeman. Gol berawal dari situasi serangan balik di mana bola sampai di kaki Braif Fatari di pinggir kotak penalti. Ia langsung melepas umpan terobosan ke arah lari Witan Sulaeman yang tanpa kesalahan, menjebol gawang lawan.

Jual beli serangan terjadi memasuki pertengahan hingga akhir babak pertama. Sayangnya, berbagai peluang gagal dimanfaatkan kedua kesebelasan untuk mencetak gol. Kedudukan tetap 1-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia U-19 saat jeda.

Babak Kedua

Cerita pada babak kedua sedikit berbeda. Pelanggaran Bagas Kaffa pada menit 47 membuahkan hukuman penalti bagi Makedonia Utara. Muhammad Adisatryo berhasil menggagalkan penalti, tetapi eksekusi harus diulang. Sebab, kaki sang kiper tidak menapak di garis gawang.

Dimitar Todorovski sukses menaklukkan Adisatryo pada kesempatan kedua di menit 48. Beruntung, kebobolan tidak membuat semangat Timnas Indonesia U-19 mengendur. Sebaliknya, mereka kembali unggul pada menit 58.

Umpan sepak pojok Witan Sulaeman berhasil disundul oleh Jack Brown. Namun, bola tidak bisa dihalau dengan sempurna oleh lini belakang Makedonia Utara. Bola liar langsung disambar Jack Brown untuk mengembalikan keunggulan.

Peluang emas didapat Saddam Gaffar pada menit 65. Namun, tembakan volinya masih membentur tiang gawang. Jack Brown kembali membuat gawang Makedonia Utara bergetar pada menit 69. Umpan tarik Bagas Kaffa dari sisi kanan berhasil diselesaikan dengan manis.

Irfan Jauhari menambah keunggulan pada menit 83. Tembakan keras Beckham Putra dari luar kotak penalti, gagal ditepis dengan baik oleh kiper. Bola liar langsung disambar Irfan Jauhari untuk mengubah skor menjadi 4-1. Kedudukan tidak berubah hingga pertandingan berakhir.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-19: Muhammad Adisatryo; Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Elkan Baggott, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, David Maulana (Brylian Aldama 55’), Mohammad Kanu (Beckham Putra 55’), Irfan Jauhari; Saddam Emiruddin Gaffar (Khairul Zakiri 82’), Braif Fatari (Jack Brown 20’)

Cadangan: Erlangga Setyo, Yofandani Damai, Andi Irfan, Khairul Zakiri, Muhammad Fadhil, Yudha Febrian, Bayu Fiqri, Muhammad Bahril, Beckham Putra, Jack Brown, Brylian Aldama, Komang Teguh

Pelatih: Shin Tae-yong

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini