Liverpool Kalah 2-7 dari Aston Villa, Van Dijk dan Gomez Kena Semprot

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 07 Oktober 2020 20:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 07 45 2290110 liverpool-kalah-2-7-dari-aston-villa-van-dijk-dan-gomez-kena-semprot-A5O8UW1Itw.jpg Joe Gomez dan Virgil van Dijk (Foto: Twitter/@VirgilvDijk)

LIVERPOOL – Mantan pemain Manchester City, Micah Richards, mengkritik penampilan Virgil van Dijk dan Joe Gomez ketika Liverpool dibantai 2-7 oleh Aston Villa pada pekan keempat Liga Inggris 2020-2021. Richards menilai Van Dijk dan Gomez terjebak dalam permainannya sendiri.

Liverpool secara mengejutkan menjadi bulan-bulanan The Lions –julukan Villa– di Villa Park, Senin 5 Oktober 2020, dini hari WIB. Ketujuh gol Villa dicetak Ollie Watkins (4’, 22’, 39’), John McGinn (35’), Ross Barkley (55’), dan Jack Grealish (66’ dan 75’).

Aston Villa vs Liverpool (Foto: Premier League)

Liverpool hanya bisa membalas melalui dua gol Mohamed Salah pada menit ke-33 dan 60. Kekalahan itu merupakan hasil terburuk yang diraih Liverpool, sejak Jurgen Klopp melatih The Reds –julukan Liverpool– pada 8 Oktober 2015.

Richards menilai kekalahan itu terjadi karena garis pertahanan tinggi Liverpool dieksploitasi Villa dengan baik. Menurut Richards, Van Dijk dan Gomez seharusnya tidak selalu mengandalkan jebakan offside ketika bermain dengan garis pertahanan tinggi.

BACA JUGA: Liverpool Butuh Kiper Baru sebagai Deputi Alisson Becker

Jebakan offside pilihan tepat bagi tim yang bermain dengan garis pertahanan tinggi. Akan tetapi, kegagalan jebakan offside berarti petaka untuk tim tersebut. Liverpool mengalami itu ketika menghadapi Villa.

Namun, Liverpool mungkin bisa menghindari kekalahan besar itu jika Van Dijk dan Gomez secepatnya kembali ke kotak penalti ketika jebakan offside gagal, menurut Richards. Sayangnya, Van Dijk dan Gomez kerap terlambat sehingga Liverpool menderita di kandang Villa.

“Anda tidak ingin menutup toko (saat tertinggal 1-4 pada babak pertama), tetapi Anda juga tidak ingin kebobolan tujuh. Van Dijk, salah satu bek terbaik di dunia, dan dia memalukan,” ujar Richards, menyadur dari Liverpool Echo, Rabu (7/10/2020).

“Saya tidak punya masalah dengan pertahanan garis tinggi. Saya benar-benar tidak masalah karena Gomez dan Van Dijk cukup cepat untuk kembali. Masalahnya adalah mereka bertahan cukup tinggi, tetapi tidak mundur. Sepertinya, mereka selalu berharap untuk membuat semua orang offside,” tuturnya.

BACA JUGA: Merseyside Derby Lawan Everton Jadi Panggung Kebangkitan Liverpool

"Ada beberapa kali kejadian dengan Gomez, yang menurut saya adalah salah satu bek Inggris terbaik, tetapi saya pikir bagaimana mereka (Villa) ingin dia bermain, mereka terkadang mengeksposnya. Sepertinya, dia (Gomez) tidak memprediksi itu,” ucap mantan pemain Man City itu.

Liverpool harus bangkit dari kekalahan memalukan itu pada pertandingan pekan kelima. Liverpool akan melawan Everton dalam pertandingan bertajuk Merseyside Derby di Goodison Park, Sabtu 17 Oktober 2020, sore WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini