Fiorentina Resmi Lepas Federico Chiesa ke Juventus

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 06 Oktober 2020 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 06 47 2288945 fiorentina-resmi-lepas-federico-chiesa-ke-juventus-dPfTgqrynE.jpg Federico Chiesa resmi dilepas ke Juventus (Foto: Twitter/@acffiorentina)

FIRENZE – Kubu Fiorentina akhirnya mengumumkan secara resmi transfer Federico Chiesa ke Juventus. Pemain asal Italia itu akan dipinjam selama dua musim dengan kewajiban membeli di akhir masa peminjaman.

“Fiorentina dapat mengonfirmasi Federico Chiesa sudah bergabung ke Juventus dengan skema peminjaman selama dua tahun plus kewajiban membuat transfer tersebut permanen,” bunyi pernyataan klub di situs resmi Fiorentina, Selasa (6/10/2020).

Menurut jurnalis Italia, Fabrizio Romano, Federico Chiesa akan diikat dengan kontrak hingga Juni 2025 oleh Juventus. Pada akhir masa peminjaman, Si Nyonya Tua akan membayar sebesar 50 juta Euro (setara Rp866 miliar) untuk mempermanenkan sang pemain.

Baca juga: Federico Chiesa Gabung Juventus, Tanda Pirlo Tinggalkan 3-5-2

Federico Chiesa dilepas Fiorentina (Foto: Instagram/@fedexchiesa)

Kabar mengenai bergabungnya Federico Chiesa ke Juventus sejatinya sudah bergulir sejak Januari 2020. Bianconeri disebut sangat tertarik menggaet anak dari Enrico Chiesa itu. Presiden Fiorentina, Rocco Commisso, bahkan sudah memberi restu kepada siapa pun yang ingin menggaet pemainnya.

Kala itu, Rocco Commisso menyebut banderol Federico Chiesa ada di kisaran 70 juta Euro (setara Rp1,21 triliun). Ia bahkan tidak keberatan andai pemain berusia 22 tahun tersebut hengkang ke Juventus yang notabene adalah seteru Fiorentina.

Dengan pengumuman tersebut, maka Federico Chiesa akan mengikuti jejak sejumlah pemain yang menyeberang dari Fiorentina ke Juventus. Ia bergabung dengan Roberto Baggio, Federico Bernardeschi, Giorgio Chiellini, dan Juan Cuadrado.

Uang yang dikeluarkan Juventus untuk Federico Chiesa terhitung murah jika melihat kualitas yang ditawarkan. Sepanjang 153 kali berkostum Fiorentina sejak debut pada 2016, Chiesa sudah mengukir 34 gol dan 25 assist untuk La Viola.

Selain punya koleksi gol, Federico Chiesa juga termasuk pemain versatile alias bisa ditempatkan di banyak posisi. Memang, posisi utamanya adalah sayap kanan, tetapi pemain kelahiran Genoa itu juga bisa diplot sebagai penyerang tengah, sayap kiri, dan second striker.

Kehadiran Federico Chiesa jelas akan memperkaya pilihan pelatih Andrea Pirlo di lini depan Juventus. Ia bisa diminta untuk mendukung peran Cristiano Ronaldo dan Alvaro Morata di lini depan sebagai juru gedor utama.

Belum lagi, Juventus akan mengarungi tiga kompetisi berbeda pada 2020-2021. Kedatangan Chiesa tentu akan menambah kedalaman ketika Pirlo butuh melakukan rotasi. Dengan kualitas yang ditawarkan, permainan Juventus tidak akan menurun ketika harus merotasi pemain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini