Berusia 17 Tahun, Ansu Fati Cetak Sejarah di Eropa

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 29 September 2020 13:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 46 2285459 berusia-17-tahun-ansu-fati-cetak-sejarah-di-eropa-en9yZf7qtF.jpg Ansu Fati. (Foto/FC Barcelona)

BARCELONA – Pemain masa depan Barcelona, Ansu Fati mencetak sejarah di Eropa usai timnya berlaga di La Liga Spanyol 2020-2021 menghadapi Villarreal di Camp Nou pada Senin 28 September 2020. Fati menjadi bintang dalam laga yang berakhir dengan skor 4-0 tersebut.

Pemain jebolan akademi Barcelona itu memimpin serangan Barcelona dengan baik. Dia mencetak dua gol dari empat dalam laga tersebut.

Foto/Barcelona

Fati membuka kran gol saat lawa baru berjalan 15 menit. Mendapatkan umpan matang dari Jordi Alba, pemain berusia 17 tahun itu menjebol gawang Villarreal melalui kaki kanannya.

Baca juga: Sergi Roberto: Messi Bilang, Dia Hanya Bertahan Satu Musim di Barcelona

Empat menit berselang dia menjadi aktor antagonis bagi Villarreal. Skema serangan balik yang dirancang Phlippe Coutinho berjalan baik.

Pemain asal Brasil itu menggiring bola melewati hampir setenga lapangan kemudian memberikan umpang kepada Fati yang bediri bebas. Pemain Tim Nasional Spanyol itu dengan mudah memasukkan bola ke gawang villarreal yang dijaga Sergio Asenjo.

Fati juga berperan atas satu gol Barcelona selanjutnya. Akselerasinya di kotak penalti membuat bek harus menjatuhkannya. Wasit kemudian menghadiahkan penalti kepada Blaugranana. Lionel Messi yang mengambil penalti sukses memperdaya kiper.

Pasukan Ronald Koeman makin berjaya di menit 45. Pau Torres salah mengantisipasi oleran Messi yang membuat bola malah mengarah ke gawangnya sendiri.

Dua gol Fati menambah koleksi golnya menjadi 10 sejak musim lalu dari semua kompetisi. Hal tersebut membuat namanya mencetak rekor baru di benua Eropa.

Catatan Opta Jose, Fati menjadi pemain termuda di lima liga Eropa (Spanyol, Jerman, Italia, Prancis dan Inggris) yang mampu meraih pencapaian tersebut. Dia melakukannya saat usianya 17 tahun 332 hari.

Fati mencetak gol debutnya pada 31 Agustus silam. Saat itu dia mencetak gol ketika Barcelona bermain imbang 2-2 melawan Osasuna di Liga Spanyol. Dia sendiri masih berusia 16 tahun 304 hari, membuatnya menjadi pencetak gol termuda Barcelona.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini