Share

5 Fakta Menarik di Laga Juventus vs Sampdoria, Debut Andrea Pirlo sebagai Pelatih

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 21 September 2020 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 21 47 2281114 5-fakta-menarik-di-laga-juventus-vs-sampdoria-debut-andrea-pirlo-sebagai-pelatih-GBdoIa114k.jpg Suasana laga Juventus vs Sampdoria (Foto: Sampdoria)

LAGA Juventus vs Sampdoria menandai debut seorang Andrea Pirlo sebagai pelatih klub sepakbola profesional. Sejak resmi pensiun pada 2017, pria asal Italia itu langsung mengambil sertifikat kepelatihan guna menekuni karier selanjutnya.

Hasil positif pun diraih Juventus pada laga tersebut. Mereka berhasil menang dengan skor telak 3-0 atas sang tamu di Stadion Allianz, Turin. Tiga angka pertama menjadi modal berharga untuk mempertahankan gelar juara Liga Italia.

Baca juga: Juventus vs Sampdoria, Pirlo Ungkap Alasan Pakai Formasi 5-4-1

Sejumlah catatan menarik tersaji pada laga Juventus vs Sampdoria. Berikut fakta-fakta tersebut, seperti dirangkum Okezone dari Sportskeeda, Senin (21/9/2020).

5. Kegigihan Cristiano Ronaldo

Sang megabintang menunjukkan mengapa dirinya pantas menjadi salah satu pesepakbola terbaik sepanjang masa. Catatan buruk tidak pernah mencetak gol di laga pembuka musim sejak 2014, berhasil dihapus oleh Cristiano Ronaldo.

Kesialan nyaris menimpa CR7 ketika salah satu peluangnya menghantam mistar gawang. Namun, tekadnya sungguh bulat. Pemain berusia 35 tahun itu akhirnya mencetak gol penutup pada menit 88 setelah menerima umpan terobosan dari Aaron Ramsey.

Dejan Kulusevski cetak satu gol (Foto: Juventus)

4. Debut Manis Dejan Kulusevski

Selain Andrea Pirlo, Dejan Kulusevski juga mencatatkan debut yang manis. Pemain yang baru didatangkan dari Atalanta itu sukses menyumbangkan satu gol. Bahkan, gol pemain berpaspor Swedia itu menjadi pemecah kebuntuan Juventus pada menit 13.

Juventus mendatangkan sang pemain dengan mahar 40 juta Euro (setara Rp697 miliar) pada Januari 2020. Namun, ia baru menghuni Stadion Allianz setelah semusim penuh menjalani peminjaman di Parma. Kesabaran itu terbukti berbuah manis dengan gol yang disumbangkannya.

3. Perlawanan Sampdoria

Kendati hanya mencatatkan satu tembakan ke gawang sepanjang 90 menit, Sampdoria sebetulnya tidak menyerah begitu saja. Hasil akhir memang cukup telak, tetapi anak asuh Claudio Ranier sudah memberikan perlawanan maksimal, terutama di paruh kedua.

Fabio Quagliarella dan kawan-kawan tercatat melepaskan 15 percobaan sepanjang 90 menit. Memang hanya satu yang mengarah ke gawang, tetapi itu sudah cukup membuktikan betapa mereka mampu melawan. Kurang efektifnya penyelesaian akhir bisa menjadi catatan tersendiri untuk ditingkatkan oleh Ranieri.

Emil Audero cukup tangguh di bawah mistar (Foto: Sampdoria)

2. Keandalan Emil Audero

Kiper berdarah Indonesia itu kembali menunjukkan kepiawaiannya di bawah mistar gawang. Juventus tercatat melepaskan delapan tembakan ke arah gawang, tetapi hanya tiga yang masuk. Itu berarti, setidaknya Audero melakukan lima penyelamatan.

Kiper berusia 23 tahun itu tidak gentar di hadapan penyerang kelas dunia seperti Cristiano Ronaldo. Pria berkebangsaan Italia tersebut mementahkan setidaknya dua peluang CR7 sebelum akhirnya menyerah pada menit 88.

1. Filosofi Sepakbola Pirlo

Debut manis berhasil dijalani Andrea Pirlo. Tiga poin dipersembahkan pada laga perdananya sebagai pelatih Juventus. Namun, efek seorang Andrea Pirlo jauh daripada sekadar tiga poin. Pria asal Italia itu terlihat berhasil menanamkan filosofi sepakbolanya.

Andrea Pirlo memimpin Juventus dari pinggir lapangan (Foto: Juventus)

Andrea Pirlo membuktikan diri dengan menggeber formasi 5-4-1. Sekilas, formasi itu memperlihatkan Juventus menumpuk lima pemain belakang. Namun, seperti yang ditulis dalam tesisnya, Andrea Pirlo tidak membuat para pemainnya terpaku pada formasi, tetapi justru bergerak cair.

Hasilnya sungguh manis. Selain menang dengan skor telak, Juventus benar-benar mendominasi laga. Sang maestro membuktikan ucapan bahwa Juventus akan bermain menyerang serta memeragakan sepakbola atraktif seperti keinginannya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini