Share

Juventus vs Sampdoria, Pirlo Ungkap Alasan Pakai Formasi 5-4-1

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 21 September 2020 09:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 21 47 2281013 juventus-vs-sampdoria-pirlo-ungkap-alasan-pakai-formasi-5-4-1-2JYJWY1aXV.jpg Andrea Pirlo memberi arahan (Foto: Juventus)

TURIN โ€“ Debut pelatih anyar Juventus, Andrea Pirlo, berakhir manis. Si Nyonya Tua sukses menghajar Sampdoria dengan skor 3-0 pada pekan perdana Liga Italia 2020-2021, Senin (21/9/2020) dini hari WIB. Formasi yang dimainkan sang pelatih lantas menjadi perhatian tersendiri.

Belum pernah memimpin tim mana pun dalam laga kompetitif tidak membuat Andrea Pirlo kurang percaya diri. Sebaliknya, pelatih asal Italia itu menurunkan formasi, sesuai yang tercetak, 5-4-1. Sekilas, formasi itu memberi kesan bertahan karena menurunkan lima orang pemain bertahan.

Praktiknya sungguh berbeda di lapangan. Juventus bermain dengan tiga bek tengah dan dua wingback. Ketika menyerang, formasi berubah menjadi tiga bek, tetapi kemudian menjadi empat ketika saat diserang.

Baca juga: Juventus Bantai Sampdoria 3-0, Bonucci: Pirlo Sangat Berbeda dengan Sarri

Juventus hajar Sampdoria 3-0

Andrea Pirlo lantas menjelaskan mengapa dirinya memilih formasi itu. Menurutnya, sistem tersebut bekerja dengan baik karena menggunakan empat pemain tengah lebih baik ketimbang hanya dua. Formasi itu pada akhirnya terbukti membantu tuan rumah mengontrol jalannya laga.

โ€œKami memiliki empat orang gelandang tengah yang menurut pandangan saya, lebih baik dibandingkan hanya memasang dua orang saja,โ€ ujar Andrea Pirlo, sebagaimana dikutip dari Football Italia, Senin (21/9/2020).

โ€œKemudian kami berusaha memainkan sistem tersebut dengan baik. Bertahan dengan empat orang pemain belakang, lalu ketika menyerang kami lebih seperti tiga (gelandang) plus dua (penyerang),โ€ sambung pria berusia 41 tahun itu.

Dari susunan pemain, Juventus terlihat menurunkan trio Danilo, Leonardo Bonucci, dan Giorgio Chiellini di belakang. Sementara dua orang wingback dipercayakan kepada Juan Cuadrado dan pemain muda Gianluca Frabotta.

Ketika menyerang, Danilo sedikit naik dan melebar untuk melapisi Juan Cuadrado yang maju membantu serangan. Sementara di sisi kiri Gianluca Frabotta dibiarkan naik turun sendiri, dibantu oleh Weston McKennie yang terkadang melebar. Memasuki menit 67, posisi Frabotta digantikan Mattia De Sciglio.

Sistem tersebut memungkinkan Juventus mendominasi laga dengan penguasaan bola mencapai 67%. Mereka mencatatkan 728 operan sepanjang 90 menit, hampir dua kali lipat dari yang dicatatkan Sampdoria. Selain itu, Cristiano Ronaldo dan kolega mampu membombardir gawang Emil Audero dengan delapan tembakan tepat sasaran.

Tingginya jumlah percobaan itu menghasilkan tiga gol yang dicetak Dejan Kulusevski (13โ€™), Leonardo Bonucci (78โ€™), dan Cristiano Ronaldo (88โ€™). Tiga poin tersebut menjadi modal berharga bagi Andrea Pirlo mengarungi musim 2020-2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini