Juventus Bantai Sampdoria 3-0, Bonucci: Pirlo Sangat Berbeda dengan Sarri

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Senin 21 September 2020 06:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 21 47 2280975 juventus-bantai-sampdoria-3-0-bonucci-pirlo-sangat-berbeda-dengan-sarri-4tMwGqo6Sa.jpg Pelatih Juventus, Andrea Pirlo (Foto: Twitter Juventus)

TURIN – Juventus memetik kemenangan telak 3-0 saat melakoni pertandingan perdana mereka di pentas Liga Italia 2020-2021 dengan menjamu Sampdoria. Sekaligus ini menjadi kemenangan perdana Andrea Pirlo di pertandingan resmi sebagai pelatih profesional.

Sebagaimana diketahui, Pirlo didapuk untuk menjadi pelatih tim utama Juve setelah Presiden klub, Andrea Agnelli, memecat Maurizio Sarri pada akhir musim 2019-2020. Pada awalnya, Pirlo cukup diragukan oleh sejumlah pihak karena belum memiliki pengalaman melatih.

Kendati demikian, mantan penggawa AC Milan itu mampu membuktikan diri bahwa dirinya patut diperhitungkan. Bermain dengan formasi 3-5-2, Pirlo membuat Juve tampil dominan dan menguasai jalannya pertandingan hingga terciptalah tiga gol.

Baca juga: Tanggapi Blunder Kepa, Lampard: Itu Kesalahan Besar!

Juventus vs Sampdoria

Menurut bek Juve, Leonardo Bonucci, Pirlo memiliki pendekatan, karakter, serta cara melatih yang sama sekali berbeda dengan Sarri. Menurutnya, Pirlo lebih cenderung mirip dengan Massimilano Allegri ketimbang Sarri.

“Kami melihat beberapa ide baru yang diajukan oleh pelatih dan stafnya, cara baru untuk menafsirkan permainan, banyak antusiasme baik dalam penguasaan bola maupun tanpa bola,” jelas Bonucci, seperti dilansir dari Football Italia, Senin (21/9/2020).

“Ada pergerakan yang berbeda, seperti dengan Sarri kami bergerak lebih jauh sebagai sebuah grup di pertahanan, sedangkan dengan Pirlo kami lebih satu lawan satu, memberi kami lebih banyak kebebasan untuk menjadi agresif dan memenangkan bola lebih sering,” lanjutnya.

“Kami menerima setiap perubahan yang dilakukan oleh klub. Musim ini, pelatih baru adalah Pirlo, yang mengubah cara memahami sepakbola yang kami miliki tahun lalu. Masih terlalu dini untuk mengatakan apakah itu benar atau tidak, tetapi itu berbeda, dengan mentalitas yang sangat tepat yaitu agresif dan tidak ingin kebobolan,” terang bek Timnas Italia tersebut.

“(Pirlo) jauh lebih mirip dengan Allegri, itu jelas. Pirlo memiliki dampak yang sama seperti dia sebagai pemain, Anda tahu bahwa Anda bisa memberinya bola dan percaya dia tidak akan kehilangannya. Sekarang sama seperti seorang pelatih, ada kepercayaan yang sama," pungkasnya.

Andrea Pirlo

Sebagai sosok baru di dunia kepelatihan, Pirlo terbilang cukup berani dalam melakukan gebrakan. Seperti di pertandingan melawan Sampdoria semalam, Pirlo tak segan menurunkan pemain muda seperti Gianlica Frabotta sejak menit awal untuk mengisi posisi wing-back kiri.

Selain itu, Pirlo juga langsung memainkan rekrutan anyar Juventus, Weston McKennie sebagai starter di lini tengah. Padahal, McKennie belum pernah memiliki pengalaman merumput di Liga Italia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini