Share

Trio TGC atau MGA yang Dipilih Ronald Koeman di Barcelona?

Ramdani Bur, Okezone · Senin 21 September 2020 11:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 21 46 2281121 trio-tgc-atau-mga-yang-dipilih-ronald-koeman-di-barcelona-szIdxTF4SH.jpg Barcelona saat juara Trofeo Joan Gamper. (Foto: Twitter/@FCBarcelona)

BARCELONA – Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, memiliki dua alternatif formasi untuk mengarungi musim 2020-2021. Pertama, pola yang dipilih adalah 4-2-3-1, formasi yang digunakan Koeman saat menangani Tim Nasional Belanda.

Pola ini digunakan Koeman dalam dua laga awal menangani Barcelona, tepatnya saat masing-masing menang 3-1 atas Gimnastic de Tarragona dan Girona. Kemudian pola kedua adalah formasi 4-3-3.

Barcelona

Formasi ini digunakan Koeman ketika Barcelona menang 1-0 atas Elche di ajang Trofeo Joan Gamper pada Minggu 20 September 2020 dini hari WIB. Meski begitu, pola apa pun yang dipilih, Koeman tetap mengandalkan tiga pemain untuk mengisi lini serang.

Sekarang yang jadi pertanyaan, siapa trio yang dipilih Koeman? Jika merujuk kepada tiga pertandingan yang sudah dijalani Barcelona, ada dua pilihan trio yang bisa diandalkan pelatih 57 tahun tersebut.

Pertama adalah trio Francisco Trincao, Antoine Griezmann dan Philippe Coutinho, atau disingkat TGC (Trincao, Griezmann dan Coutinho). Ketiganya beroperasi bersamaan saat Barcelona menang 3-1 atas Girona.

BACA JUGA: Bartomeu Buka Suara soal Saga Transfer Messi

Kala itu, Koeman yang menerapkan formasi 4-2-3-1 memainkan Lionel Messi sebagai second striker demi menyokong trio TGC. Hasilnya, Trincao mencetak assist atas gol pertama yang dibuat Coutinho.

Follow Berita Okezone di Google News

Kemudian, gol kedua dan ketiga Barcelona dilesakkan La Pulga –julukan Messi– lewat aksi individunya. Trio alternatif lainnya adalah Messi, Griezmann dan Ansu Fati, atau disebut MGA.

Barcelona

Trio ini dimainkan bersamaan oleh Koeman saat Barcelona menang 1-0 atas Elche. Kala itu, gol tunggal Barcelona dilesakkan Griezmann pada menit kedua, memanfaatkan umpan Jordi Alba.

Melihat hasil yang didapat Barcelona dalam dua laga di atas, trio TGC lebih condong dipilih Koeman. Sebab jika TGC yang diturunkan, Messi dapat dioperasikan sebagai second striker.

Terbukti, peran La Pulga benar-benar terlihat ketika diperankan sebagai second striker. Karena itu, menarik menanti kiprah Barcelona di laga resmi perdana musim ini. Rencananya pada Senin 28 September 2020 dini hari WIB, Barcelona akan menjalani laga pertama di Liga Spanyol 2020-2021 dengan menjamu Villarreal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini