Edwin Van Der Sar Ungkap Posisi Favorit Van De Beek

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 17:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 45 2279463 edwin-van-der-sar-ungkap-posisi-favorit-van-de-beek-AgrOKwcEIU.jpg Donny van de Beek. (Foto/Man United)

AMSTERDAM - Edwin Van Der Sar mengungkapkan posisi favorit pemain baru Mancheter United, Donny van de Beek. Eks kiper Setan Merah juga menyamanakan kemampuan pemain asal Belanda tersebut dengan legenda Man United, Paul Scholes.

Man United mendapatkan Donny van de Beek dari Ajax Amsterdam dengan nilai transfer 45 juta euro (sekira Rp786 miliar) dari Ajax Amsterdam. Ia menandatangani kontrak selama lima tahun di Old Trafford.

Foto/Man United

Van der Sar, yang kini menjabat CEO Ajax, melihat ada kesamaan antara van de Beek dan Scholes. Keduanya memiliki visi yang tajam untuk menciptakan peluang.

Baca juga: Van de Beek Beberkan Alasannya Gabung Man United

Ia menambahkan bahwa De Beek merupakan gelandang yang bisa diberi peran berbeda. De Beek, lanjut Van Der Sar, bisa menjadi gelandang bertahan, gelandang kreatif serta gelandang yang bisa memainkan peran ganda, yakni sebagai gelandang serang maupun bertahan.

"Tekniknya brilian, dia bisa pergi kotak ke kotak. Saya akan membandingkannya sedikit dengan Scholesy (Scholes), meskipun Scholesy memiliki tembakan keras dari jarak jauh dan itu bukan kekuatan Donny, tetapi dia suka masuk ke kotak dan mencetak gol,” tuturnya mengutip The Sun, Kamis (17/9/2020).

"Mungkin tidak adil untuk membandingkan dia dengan Scholesy sebenarnya, tapi dia adalah anak yang baik dan saya yakin dia akan menjadi tambahan yang bagus untuk tim Ole (Gunnar Solskjaer),” tambah dia.

Der Sar meyakini bahwa De Beek sudah melakukan komunikasi dengan pelatihnya soal di mana dia akan bermain. Eks pemain Timnas Belanda ini mengungkapkan bahwa De Beek sangat menyukai diberi peran sebagai gelandang box-to-box, yakni gelandang serang juga bertahan.

"Saya kira dia telah berbicara dengan Ole dan mereka telah membicarakan tentang posisi yang berbeda (dia bisa bermain). Dia multi-fungsi, dia bisa bermain sedikit lebih dalam yang menurut saya adalah peran yang dia sukai," paparnya.

Foto/Man United

Saat uji coba melawan Aston Villa, De Beek menunjukkan skill pertamanya dengan seragam Setan Merah. Ia pun mendapat pujian dari Solskjaer meski timnya kalah 1-0.

"Dia andal menciptakan ruang dan memainkan tempo untuk dirinya sendiri. Saya sangat senang dengan penampilannya," kata pelatih asal Norwegia tersebut

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini