Laga Liga Italia Bisa Dihadiri Penonton per Oktober 2020, Ini Syaratnya

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 16 September 2020 18:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 47 2278869 laga-liga-italia-bisa-dihadiri-penonton-per-oktober-2020-ini-syaratnya-hO7cULwSOA.jpg Laga Juventus vs Inter Milan digelar tanpa penonton. (Foto: @juventusfc)

ROMA – Federasi Sepakbola Italia (FIGC) tidak mau terus-menerus laga-laga Liga Italia tanpa dihadiri penonton di stadion, efek pandemi virus corona. Menurut laporan Football Italia, pemegang kepentingan di persepakbolaan Italia itu siap mengajukan proposal kepada pemerintah setempat.

Nantinya, isi proposal membahas apa saja yang akan mereka lakukan supaya laga-laga Liga Italia kembali dihadiri suporter. Lantas, apa saja isi dari proposal yang diajukan FIGC kepada pemerintah Italia?

Juventus vs Inter Milan

(Laga Juventus vs Inter digelar tanpa penonton)

Menurut Football Italia, seluruh penonton yang hadir wajib mengenakan masker transparan. Hal itu dimaksudkan ketika ada penonton yang membuat onar, dapat dikenali pihak kepolisian.

Kemudian, langkah kedua adalah penerapan social distancing atau jaga jarak. Nantinya, setiap orang diberi jarak minimal 2,25 meter, entah itu dari atas, bawah, kanan atau kiri si penonton.

Lantas, kapan hal di atas akan diujicoba? Jika pemerintah Italia menyetujuinya, rencananya akan diujicoba pada pertengahan Oktober 2020.

BACA JUGA: Menanti Duet Cristiano Ronaldo di Lini Depan Juventus

Praktis, hal di atas menunjukkan Liga Italia selangkah lebih maju ketimbang kompetisi elite Eropa lainnya. CEO Premier League, Richard Masters, menolak tegas wacana EFL (operator kompetisi Divisi Championship) yang hendak mengizinkan 1.000 suporter masuk ke stadion.

Satu hal yang pasti, keriuhan yang dihadirkan suporter di stadion menjadi sesuatu yang didambakan pemain sepakbola maupun penonton yang menyaksikan pertandingan di rumah. Efek pandemi virus corona yang mulai merebak di Benua Biru Maret 2020, seluruh pertandingan sepakbola digelar tanpa kehadiran penonton.

Napoli vs Juventus

Alhasil, sejumlah klub mengakali agar keriuhan suara suporter tidak menghilang, meski tidak dihadiri penonton. Klub-klub asal Jerman sempat menggunakan “suporter palsu” supaya seakan-akan ada fans di tribun stadion.

Sementara klub-klub Liga Inggris lebih kreatif lagi. Mereka menggunakan back sound suara suporter di game FIFA 20. Meski kemeriahan bisa didapatkan di sana, namun tetap saja tidak semeriah suara suporter yang hadir di stadion.

Karena itu, harapannya pandemi virus corona segera berakhir. Dengan begitu, seluruh masyarakat dapat kembali beraktivitas seperti biasa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini